BMW Indonesia Umumkan Jajaran Eksekutif Baru, Ini Dia Sosoknya!

calender19-09-2023
clock11:00

UCauction, Jakarta - BMW Group Indonesia baru saja mengumumkan perubahan jajaran eksekutif mereka. Di mana perombakan terjadi di jajaran sales and network development dan juga petinggi departemen penjualan. Perubahan jajaran management ini dilakukan untuk mendorong perusahaan memasuki fase baru dalam hal inovasi, pertumbuhan, serta dominasi pasar.

Efektif per 1 Oktober 2023, Bayu Riyanto (45), saat ini Vice President Sales and Network Development akan menjabat sebagai Director of Marketing BMW Group Indonesia. Sementara untuk Ariefin Makaminan (45) yang sebelumnya menjabat sebagai Vice President Customer Support akan menggantikan Bayu sebagai Director of Sales BMW Group Indonesia.

Selain itu, Fernando Ferrer yang sebelumnya menjabat sebagai Customer Support Director BMW Asia akan mengambil alih tanggung jawab Ariefin sebagai Vice President Customer Support di BMW Group Indonesia untuk sementara hingga ditunjuknya pengganti permanen.

Perubahan ini mencerminkan komitmen perusahaan dalam memanfaatkan beragam talenta dan pengalaman, sehingga memastikan BMW Group Indonesia tetap menjadi yang terdepan dan unggul dalam desain otomotif, teknologi, dan pengalaman pelanggan.

Baca juga: Detail BMW X1 2023, SUV Termurah BMW di Indonesia

“Bayu telah bergabung dengan BMW Group Indonesia sejak tahun 2016. Dalam perannya sebagai pemimpin di departemen penjualan, beliau berperan penting dalam perputaran hasil penjualan BMW Indonesia yang luar biasa, hasilkan rekor ritel sebanyak 3.023 unit pada tahun 2022,” ujar Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia.

Ramesh pun menambahkan, "Bayu juga berperan penting dalam proses terpilihnya BMW iX dan BMW i7 untuk acara kenegaraan tingkat internasional, KTT ASEAN baru-baru ini. Berkat pengalamannya dalam bidang pemasaran, jaringan yang kuat, kehadiran media sosial yang menonjol, dan pengetahuan mendalam tentang kendaraan BMW, Bayu adalah orang yang ideal untuk memimpin Departemen Marketing".


Untuk diketahui, Ariefin bergabung dengan BMW Indonesia pada tahun 2013, dimulai sebagai Product Trainer dan Head of BMW Group Indonesia Training Center sebelum mengemban tugasnya saat ini sebagai pemimpin di departemen Customer Support. Sebelumnya, pada tahun 2002, Ariefin juga pernah memiliki pengalaman sebagai BMW Business Consultant.

“Sejak pindah ke peran Customer Support, Ariefin telah hasilkan peningkatan pendapatan Purna Jual dari 17 juta EUR menjadi 29,1 juta EUR sambil mempelopori inisiatif baru seperti pembukaan fasilitas resmi Body and Paint BMW. Latar belakang dan pengetahuan mendalam Ariefin tentang aspek penjualan mempersiapkan dirinya untuk tantangan barunya sebagai Sales Director," tambah Ramesh.

Baca juga: BMW Astra Fest 2023 Mudahkan Masyarakat yang Ingin ke GIIAS

Menurut data Gaikindo per Agustus 2023, BMW Group Indonesia merupakan pemimpin di segmen kendaraan premium Indonesia. Jenama asal Jerman itu juga memimpin di segmen kendaraan listrik premium dengan menguasai lebih dari 55% pangsa pasar di Indonesia. 

“Untuk mempertahankan posisi nomor satu dan memastikan kesuksesan perusahaan di masa depan, kami mengandalkan pemimpin yang memiliki visi dan jiwa kewirausahaan. Pemimpin seperti itu akan memacu brand BMW dan MINI di Indonesia untuk terus meraih prestasi luar biasa,” pungkas Ramesh.

(DeF)