UC auction, California - Honda CR-V e:FCEV turut berkiprah di ajang balap ikonik Broadmoor Pikes Peak International Hill Climb 2025 di Amerika Serikat yang dihelat oleh Gran Turismo.
Untuk pertama kalinya, Honda menghadirkan Honda CR-V e:FCEV, kendaraan listrik bertenaga hidrogen, sekaligus menjadikannya mobil hidrogen pertama yang berlaga di ajang ini.
Tak hanya itu, di ajang yang sama Acura Integra Type S HRC Prototype juga menjalani debut perdananya di lintasan ekstrem Pikes Peak.
Honda CRV e:FCEV 2025 tampil di kelas “exhibition” tanpa modifikasi pada sistem powertrain-nya. Untuk menaklukkan 156 tikungan sepanjang lintasan sejauh 12,42 mil (sekitar 20 km).
Sejumlah kesiapan dilakukan mobil ini untuk dapat mengikuti pertandingan, dan menariknya hanya mendapat ubahan pada bagian suspensi yang diturunkan 1 inci, penggunaan bantalan rem balap, serta ban Yokohama Advan A052 berukuran 265/45R18.
Baca juga: New Honda HR-V e:HEV Mejeng di Jakarta Fair Kemayoran 2025
Tim Honda of America Race Team (HART) juga melengkapi CR-V e:FCEV dengan jok balap dan roll bar khusus yang dirancang oleh para teknisi Honda di HART dan Honda Performance Manufacturing Center (PMC).
CR-V e:FCEV dikendarai oleh Dai Yoshihara, juara Formula Drift dua kali yang juga merupakan pembalap HRC US, dengan dukungan teknis dari HART, Honda R&D Japan, dan Honda Racing Corporation USA (HRC US).
Honda CR-V e:FCEV menggunakan sistem fuel cell generasi kedua dari Honda yang diproduksi di fasilitas Fuel Cell System Manufacturing, LLC (FCSM) di Michigan. Mobil ini mengusung motor tunggal yang dipasang di depan, paket baterai berkapasitas 17,7 kWh, serta dua tangki hidrogen bertekanan tinggi.
Dirakit secara eksklusif di Honda Performance Manufacturing Center (PMC), Marysville, Ohio, CRV e:FCEV menjadi satu-satunya kendaraan penumpang bertenaga fuel cell yang diproduksi di Amerika Serikat. CR-V e:FCEV dirancang sebagai CUV kompak yang menyenangkan dikendarai, dengan tenaga sebesar 174 PS dan torsi 229 Nm.
Dari sisi fleksibilitas, CR-V e:FCEV memadukan sistem sel bahan bakar hidrogen dengan kemampuan pengisian daya plug-in, memungkinkan pengendaraan sejauh hingga 29 mil (sekitar 47 km) dengan daya baterai, serta jarak tempuh total hingga 270 mil (sekitar 435 km).
Baca juga: Honda STEP WGN e:HEV Siap Meluncur di GIIAS 2025
Sedangkan untuk Acura Integra Type S HRC Prototype tampil sebagai mobil performa tinggi berbasis Integra Type S yang dikembangkan langsung oleh tim Honda Racing Corporation US. Prototipe ini membawa modifikasi berteknologi balap yang dirancang untuk menghadirkan performa agresif dan pengendalian presisi di lintasan Pikes Peak yang ekstrem.
Penampilannya menjadi debut global bagi model performa tinggi Acura yang berorientasi pada lintasan. Keikutsertaan Honda dan Acura di ajang Pikes Peak 2025 tak hanya menandai pencapaian penting dalam pengembangan kendaraan elektrifikasi, namun jadi wujud komitmen Honda untuk menyempurnakan teknologi inovatif di arena balap.
Well.. Buat Sobat UC auction yang ingin mengetahui update terbaru seputar dunia lelang dan kabar otomotif, bisa mengunjungi website kami di www.UCauction.co.id atau hubungi Hallo UC di 0811 9009 404.
(DeF)