UCauction, Bogor - Suzuki V-Strom 250SX menjadi salah satu motor sport petualang yang bisa jadi pilihan banyak masyarakat di Indonesia. Sejak dikenalkan di tahun 2023 lalu, motor ini banyak diminati masyarakat yang membutuhkan kendaraan untuk touring maupun kegiatan outdoor ringan.
Contohnya untuk penggunaan di wilayah perbukitan maupun pegunungan yang identik dengan kontur jalan di Indonesia. Hal inilah yang mendorong rasa penasaran, tim UC auction untuk merasakan secara langsung sensasi berkendara bersama Suzuki V-Strom 250SX dihabitatnya.
Sebelum lebih jauh membahas mengenai V-Strom 250SX, untuk diketahui motor sport ini ditawarkan dengan banderol Rp 59,5 juta on the road Jakarta dan sekitarnya.
Untuk menghilangkan rasa penasaran, beruntung tim UC diberi kesempatan untuk menjajal langsung motor petualang itu di jalur off-road di kawasan Desa Pelangi Sentul, Bogor, Jawa Barat.
Baca juga: 5 Kelebihan Suzuki Jimny 5 Pintu Untuk Dapat Memikat Konsumen
Proses pengujian a.k.a test ride V-Strom 250SX dilakukan di trek sepanjang 1,4 kilometer yang dikemas dalam berbagai jenis medan jalan. Mulai dari jalan berbatuan, kubangan air, tanah gembur, hingga aliran air yang memang kondisi di wilayah Bogor saat itu dalam kondisi hujan ringan.
Penasaran pengin tahu kira-kira seperti apa impresi berkendara bersama Suzuki V-Strom 250SX? Yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini:
Kesan awal yang kami simpulkan, ketika menunggangi Suzuki V-Strom 250SX ialah posisi berkendara yang mumpuni dan nyaman. Secara dimensi memang dirasa cukup mengakomodir kebutuhan, dengan panjang 2.180 mm, lebar 880 mm, dan tinggi 1.355 mm dan wheelbase 1.440 mm sangat mengakomodir kebutuhan untuk kami yang memiliki tinggi 168 cm dan bobot 92 kg.
Kaki dengan mudah menapak, tanpa perlu jinjit dan kami menyimpulkan memang cocok untuk menunjang mobilitas harian. Apalagi untuk penggunaan perkotaan.
Riding positioning di rasa pas, tangan pengendara nyaman dalam menggenggam stang kemudi dengan lebar yang membuat posisi tangan terasa rileks. Tidak terlalu lebar, dan sudut tangan masih bisa menyesuaikan berbagai kondisi jalan yang akan dilalui. Jok pun memiliki ukuran yang cukup lebar, dan memberikan kenyamanan dalam menopang bokong selama berkendara.
V-Strom sudah dilengkapi dengan easy start system untuk memudahkan penggunanya dalam menyalakan mesin. Cukup menekan tombol starter, mesin motor ‘greng’ langsung menyala.
Baca juga: Menjajal Suzuki Jimny 5 Pintu di Habitatnya, Setangguh Apa?
Memasuki trek pengujian, area pertama yang kami pilih untuk membesut V-Strom ialah jalan beton melewati permukaan jalan dengan kontur menanjak. Daya cengkram ban semi off-road yang tersemat di motor ini terasa mencengkram permukaan jalan dengan baik.
Tiba saatnya kami memasuki jalur menurun dengan kontur jalan berbatu, dan trek ini jadi tantangan pertama di area off-road untuk membuktikan ketangguhan ban V-Strom 250SX. Pengendaliannya terasa mudah, saat melintasi turunan yang tajam, dirasa tanpa kesulitan berarti.
Kemudahan pengendalian tak lepas dari sejumlah fitur yang tersedia. Sebut saja rem cakram depan-belakang dengan ABS, ban dual-sport depan 19 inci dan belakang 17 inci.
Tak hanya itu saja, untuk menunjang tampilan, sepeda motor petualang ini juga sudah dilengkapi windscreen, dual exit muffler, engine under cowling, dan panel instrumen full-digital.
Maka tak heran, jika pabrikan menjadikan motor ini sebagai “Lightweight Versatile Crossover” yang lahir untuk melahap jalanan perkotaan hingga jalan beraspal yang berkelok-kelok dan jalur tanah.
Ketika Suzuki V-Strom 250 SX diajak menaklukan medan jalan off-road, rasanya cukup mudah bagi anggota keluarga dari V (versatile) Strom (stream and storm) itu. Oh ya.. Salah satu fitur yang cukup menarik buat tim UC auction, V-Strom 250SX saat kondisi terjatuh. Sensor akan membaya perubahan sudut kendaraan dan otomatis akan mematikan mesin.
Fitur ini penting untuk keamanan, terlebih dalam kondisi darurat. Pengendara cukup memutar anak kunci ke posisi off dan memutar kembali ke posisi on untuk kembali menghidupkan mesin.
Tidak hanya itu, saat melahap medan off-road suspensi depan teleskopik menyajikan kemudahan kontrol stang kemudi. Terlebih saat melewati kondisi tanjakan, turunan dan area perbukitan.
Suspensi belakang model single arm dengan teknologi oil damped, mampu sajikan peredaman yang baik. Terlebih soal kestabilan di kondisi jalan ekstrem sekalipun.
Menyoal jantung mekanis, mesin satu silinder berkapasitas 249 cc SOHC yang mampu menghasilkan tenaga 26,1 dk dengan torsi 22,6 Nm yang berpadu dengan transmisi manual 6-percepatan. Rasanya pas untuk menunjang perjalanan.
Baca juga: Menilik Konsumsi BBM Suzuki XL7 Hybrid, Benarkah Irit?
Karakter mesin responsif, mulai dari putara bawah. Respons ini yang sangat diperlukan, saat diajak melalui medan berat. Torsinya pun cukup cepat merespons putaran tuas gas pengendara, namun perlu penyesuaian bukaan kopling. Proses perpindahan antar gigi pun halus, dan cepat.
Kehadiran sistem pendingin Suzuki Oil Cooling System (SOCS) sebagai sistem pendingin berbasis oli sukses menjaga mesin dalam performa terbaik. Meski digunakan di medan yang menantang.
Sekadar informasi tambahan, Suzuki V-Strom 250SX dibekali lampu LED, dan sudah dilengkapi USB outlet untuk pengisian daya gawai.
Panel instrumen digital juga dirancang informatif dengan desain modern. Untuk menghubungkan pengguna dengan sepeda motor, Suzuki sudah melengkapi Suzuki Ride Connect sebuah aplikasi pintar untuk menghubungkan pengguna dengan kendaraan via gawai.
(Deni)