elektrifikasi honda

Komitmen Honda Untuk Penuhi Target Elektrifikasi 100 Persen di 2040

calender21-05-2024
clock13:00

UCauction, Jakarta - Honda Motor Co., Ltd. menegaskan komitmennya untuk memenuhi target pencapaian 100% terhadap produk elektrifikasinya pada tahun 2040 mendatang. 

Guna memuluskan rencana itu, Honda mengumumkan berbagai pendekatan komprehensif yang mencakup penetapan target untuk penjualan EV, restrukturisasi pengadaan dan produksi untuk mengurangi biaya, memperkenalkan model EV yang inovatif, dan melakukan investasi finansial yang signifikan. 

Rencana besar Honda itu disampaikan langsung oleh Director, President and Representative Executive Officer (Global CEO) Honda Motor Co., Ltd yang menerangkan bahwa Pendekatan komprehensif yang pertama mencakup penetapan target untuk penjualan EV, Honda tetap percaya bahwa kendaraan listrik adalah solusi paling efektif untuk produk mobilitas kecil seperti sepeda motor dan mobil. 

Honda mempunyai target 100% untuk produk EV dan FCEV dari penjualan kendaraan globalnya pada tahun 2040, di mana hal ini tidak berubah. Honda juga melihat pada periode popularisasi EV, membangun merek EV yang kuat serta fondasi bisnis EV yang kokoh sebagai perspektif jangka menengah hingga jangka Panjang Honda.

Kemudian pendekatan komprehensif yang kedua adalah hal untuk merestrukturisasi pengadaan dan produksi untuk mengurangi biaya, fokus utama Honda pada produksi baterai. Honda berupaya untuk mengurangi biaya produksi baterai di Amerika Utara dengan target lebih dari 20% dibandingkan dengan biaya saat ini pada tahun 2030. 

Baca juga: Brio Masih Berkontribusi Besar Dorong Penjualan Honda di Indonesia

Pabrikan turut membangun struktur bisnis yang kompetitif dengan tujuan mengurangi biaya produksi keseluruhan sekitar 35%. Honda sudah memiliki pandangan positif untuk mengamankan produksi baterai yang cukup untuk memenuhi sekitar 2 juta unit EV per tahun.

Keseriusan Honda Garap Pasar Elektrifikasi


Sejalan dengan beragam terobosan yang dilakukan pabrikan, Honda turut mengenalkan model EV yang inovatif sebagai pendekatan komprehensif ketiga, di mana pada ajang CES 2024 lalu, Honda sudah memulai pengenalan kendaraan listrik yang unik serta atraktif dimulai dari Honda 0 Series. 

Model ini akan berperan penting dalam strategi mobil EV Honda. Dengan pendekatan baru “Thin, Light, Wise”, Honda meluncurkan 2 model konsep yaitu Saloon dan Space-Hub yang rencananya akan diproduksi massal pada tahun 2026 untuk pasar Amerika Utara dan kemudian secara global. 

Setelah itu diikuti model lainnya mulai dari ukuran kecil hingga besar, total akan ada tujuh model.

Tak sebatas mobil-mobil bertenaga listrik saja, model hybrid-electric (e:HEV) dikatakan memiliki permintaan yang cukup besar di pasar otomotif dunia saat ini. Honda akan lebih memperluas lini produknya secara global. 

Honda berencana untuk mengenalkan 10 model EV pada tahun 2027 dan menargetkan 100% penjualan mobil EV pada tahun 2035 di Tiongkok. Dan tahun 2024 ini, Honda meluncurkan Seri “Ye”, mendampingi Seri e:N yang sudah mulai dijual saat ini.

Sedangkan di Jepang, Honda akan mulai dengan produk mini-EV komersial yaitu N-VAN e: yang akan mulai dijual pada musim gugur tahun 2024. Honda juga akan memperkenalkan secara bertahap mini-EV untuk mobil pribadi pada tahun 2025 serta kendaraan listrik mini yang menekankan fun to drive pada tahun 2026.

Honda juga akan melakukan investasi finansial yang signifikan sebagai pendekatan komprehensif berikutnya di mana Honda berencana untuk menginvestasikan sekitar 10 triliun Yen untuk pengadaan berbagai sumber daya untuk mendukung tercapainya popularitas periode EV selama periode 10 tahun hingga tahun 2031.

Baca juga: Honda Tambah Layanan Bodi & Cat di Wilayah Jakarta Selatan

Khusus di Indonesia, Honda sudah memasuki era elektrifikasi dengan meluncurkan dua produk hybridnya yaitu All New Honda CR-V RS e:HEV dan All New Honda Accord RS e:HEV. Sedangkan untuk lini produk bertenaga listrik, saat ini Honda saat ini sudah memasuki tahap riset dan pengenalan dengan berkolaborasi bersama Universitas Indonesia dan Pertamina. 

Kemudian untuk tahap pengenalan, Honda berkolaborasi dengan Jakarta Good Guide untuk berkeliling Jakarta menggunakan produk teknologi elektrifikasi dari Honda.

(DeF)