penjualan mobil hybrid suzuki

Kontribusi Mobil Hybrid Suzuki Terhadap Penjualan di Indonesia

calender18-10-2023
clock11:00

UCauction, Jakarta - Mobil hybrid Suzuki menopang penjualan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sepanjang bulan September 2023 lalu. Di mana untuk kategori mobil penumpang 42% diantaranya merupakan varian hybrid atau hampir setengah dari keseluruhan mobil penumpang Suzuki yang dibeli oleh konsumen sepanjang bulan lalu. 

Pencapaian positif ini menjadi bukti nyata dari tingginya kesadaran masyarakat yang mulai beralih menggunakan kendaraan yang mampu berkontribusi positif pada lingkungan sekitar, serta bertambahnya kepercayaan masyarakat terhadap teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS).

Randy R Murdoko selaku Asst. to Dept. Head of 4W Sales PT SIS, mengungkapkan bahwa masyarakat saat ini sudah mulai memilih kendaraan hybrid yang dianggap punya banyak keuntungan dan dapat diandalkan dalam penggunaan sehari-hari.

“Efisiensi konsumsi bahan bakar menjadi salah satu pertimbangan konsumen sebelum membeli mobil. Dan banyak pula masyarakat yang tertarik dengan cara kerja dari teknologi SHVS yang tangguh untuk menopang aktivitas sehari-hari konsumen. Kami yakin penjualan kendaraan hybrid Suzuki akan terus meningkat sejalan dengan keyakinan konsumen akan ketahanan mesin, baterai, dan kualitas produk secara menyeluruh,” ujar Randy.

Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (GAIKINDO), kategori mobil penumpang Suzuki berkontribusi 50% dari total penjualan ritel di bulan September 2023 lalu. Penjualan sendiri ditopang oleh 8 moden kendaraan di segmen mobil penumpang, yang 3 diantaranya merupakan varian hybrid.

Jika dibedah lebih lanjut per varian, masing-masing dari 3 model kendaraan Suzuki tersebut juga didominasi oleh varian hybrid-nya. Dari total penjualan All New Ertiga secara keseluruhan, All New Ertiga varian hybrid mampu berkontribusi sebesar 59%, New XL7 Hybrid sebesar 61% dari penjualan New XL7, dan Grand Vitara yang seluruhnya sudah bertipe hybrid.

Baca juga: Ini Dia Pemenang Program Triple Surprise Berhadiah Suzuki Jimny

Khusus untuk Grand Vitara, SUV ini unjuk kebolehan dengan peningkatan penjualan sebesar 15%, jika dibandingkan dengan Agustus 2023. Nama Grand Vitara yang telah lama dikenal dalam sejarah SUV Suzuki ini kini telah menggunakan teknologi SHVS serta tampil dengan desain baru pada bagian eksterior dan interiornya yang menambah kesan sporty-modern.

Bicara teknologi, mobil ini usung mesin K15C Dual Jet yang dipadukan dengan SHVS, sehingga semakin ramah lingkungan dan efisien dalam penggunaan bahan bakar. Grand Vitara juga telah dilengkapi dengan fitur yang mewah seperti Panoramic Sunroof, Cruise Control, Head-Up Display (HUD), Smartphone Wireless Charging, LED Projector Headlamp beserta Auto Guide Me Light, 360 Camera, serta Auto Dimming Center Mirror.


Tak sebatas moncer di segmen mobil hybrid Suzuki, pada kategori kendaraan komersial New Carry turut berkontribusi sebesar 50 persen dari total penjualan Suzuki di Indonesia. 

Sedangkan porsi penjualan mobil hybrid Suzuki, antara yang diproduksi di dalam negeri maupun impor, 87% diantaranya merupakan hasil rakitan lokal yang dikerjakan di Pabrik Suzuki Cikarang, Jawa Barat. Tingginya porsi dan kontribusi tersebut turut menjadi optimisme tersendiri bagi Suzuki, karena mobil hybrid Suzuki buatan Indonesia semakin dapat diterima dan dipercaya oleh masyarakat, sekaligus menumbuhkan industri otomotif Indonesia secara lebih baik.

Baca juga: Penjualan Mobil Hybrid Suzuki Moncer, Topang Penjualan di Indonesia

“Penjualan kendaraan hybrid Suzuki yang meningkat mendorong kami untuk terus berusaha menghasilkan produk tangguh dan modern, dengan harga dan pelayanan terbaik guna menghadirkan kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan konsumen,” imbuh Randy.

Randy pun menegaskan, "Melalui kendaraan yang disematkan teknologi SHVS, kami juga berusaha untuk mendorong masyarakat untuk mulai turut dalam agenda keberlangsungan lingkungan salah satunya dengan cara beralih ke kendaraan yang rendah emisi gas buang".

(DeF)