kontribusi suzuki carry

Kontribusi Suzuki Carry di Indonesia, Laris Dukung UMKM

calender20-06-2025
clock10:00

UC auction, Jakarta - Kontribusi Suzuki Carry tak sebatas mendorong penjualan terbesar bagi PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) saja di Indonesia. Namun turut menggerakan perekonomian di Indonesia.

Seperti diketahui, kontribusi Suzuki Carry pada Mei 2025 lalu sukses menguasai 55,47% dari total penjualan ritel mobil Suzuki.

Kendaraan niaga ringan andalan Suzuki itu, terbilang laris karena pengalaman, kepuasan, dan kepercayaan pelanggan terhadap figur kendaraan yang telah setia dan konsisten menemani bidang usaha sejak lebih dari 40 tahun. Sektor UMKM memberikan kontribusi kuat terhadap peningkatan tersebut. 

“Aktivitas distribusi usaha menengah, kecil dan mikro yang semakin intensif membutuhkan armada bisnis handal dan mumpuni. Pergerakan itu turut kami rasakan, melalui pemesanan New Carry yang meningkat 21% dibanding bulan April kemarin pada berbagai jaringan outlet Suzuki,” ujar Randy R. Murdoko, Dept Head of 4W Sales PT SIS.

Bila mengacu pada demografi konsumen, kontribusi Suzuki Carry terhadap penjualan masih didominasi oleh konsumen yang berada di wilayah Jabodetabek. Khususnya untuk menunjang sektor perdagangan dan jasa. 

Baca juga: Penjualan Ritel Suzuki Naik, Mobil Produksi Lokal Laris

Kendaraan ini dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan niaga, seperti distribusi barang, logistik harian, hingga pengangkutan bahan pangan.

Tak sampai di situ saja, wilayah Bali juga mengalami peningkatan permintaan untuk memenuhi kebutuhan sektor pariwisata, hotel, dan restoran. Sedangkan Jawa Timur menonjol lewat aktivitas perdagangan antar wilayah yang padat, yang kerap mengandalkan New Carry dalam menunjang para pelaku usaha mikro dan menengah di area urban maupun sub-urban.


Mayoritas pembeli New Carry adalah pelaku usaha menengah yang mengandalkan kendaraan untuk kegiatan operasional harian. 

Sebagian besar berasal dari sektor perdagangan, seperti distributor bahan bangunan, makanan dan kebutuhan pokok, serta sektor jasa seperti logistik, antar-jemput barang, hingga servis keliling. Para pelaku usaha membutuhkan angkutan barang ringan yang tidak hanya kuat, tetapi juga efisien dan praktis dari segi perawatannya.

“Kami melihat bahwa tren pertumbuhan kendaraan usaha kecil akan terus berlanjut seiring meningkatnya kebutuhan distribusi di berbagai sektor usaha. New Carry merupakan pilihan utama pelaku usaha untuk menjalankan rutinitas distribusi mereka, dengan kelebihan seperti daya angkut besar, konsumsi BBM efisien, dan biaya perawatan yang ramah bagi operasional bisnis,” tutup Randy.

Baca juga: Kelebihan Suzuki Fronx yang Mengakomodir Kebutuhan Konsumen

Dalam menunjang penjualan New Suzuki Carry, pabrikan menyiapkan program menarik seperti bonus 2 ban gratis serta E-Money senilai Rp 1 juta untuk setiap unit pembelian. Kehadiran program ini, diharapkan mampu mendukung roda ekonomi masyarakat, terutama para pelaku usaha yang menjadi motor penggerak lapangan.

Well.. Buat Sobat UC auction yang ingin mengetahui update terbaru seputar dunia lelang dan kabar otomotif, bisa mengunjungi website kami di www.UCauction.co.id atau hubungi Hallo UC di 0811 9009 404.

(DeF)