recall toyota alphard

Menilik Penyebab Recall Toyota Alphard di Indonesia

calender15-04-2025
clock12:00

UC auction, Jakarta - PT Toyota Astra Motor (TAM) menggelar program penarikan untuk perbaikan atau yang dikenal dengan recall Toyota Alphard di Tanah Air.

Adapun recall Toyota Alphard berlaku untuk unit yang diproduksi pada rentang waktu Agustus-Oktober 2020 serta Desember 2014 hingga Desember 2022. Nantinya pemilik unit Alphard bisa langsung mendatangi bengkel resmi Toyota terdekat untuk melakukan pengecekan dua komponen penting, yakni Front Hood Moulding dan Alternator Pulley.

Pengecekan serta penggantian komponen itu dilakukan untuk memastikan keamanan berkendara tetap terjaga optimal bagi seluruh pengguna Alphard di Tanah Air.

Baca juga: Parkir Gratis Mobil Listrik Toyota Tersedia di 3 Mal di Jakarta

Berdasarkan keterangan pabrikan, terdapat potensi masalah pada Front Hood Moulding Alphard produksi Agustus–Oktober 2020. Di mana struktur pemasangan perlu diperkuat, karena berisiko terlepas dalam kondisi tertentu.

Oh ya.. konsumen recall Toyota Alphard yang ingin melakukan pengecekan dan penggantian, proses pengerjaannya tidak memakan waktu yang lama hanya sekira 30 menit saja.

Sedangkan untuk Alphard yang diproduksi pada kurun waktu Desember 2014 hingga Desember 2022. Ditemukan potensi ketidaksempurnaan pada Alternator Pulley yang dapat menyebabkan bunyi bising hingga menurunnya output kelistrikan. 

Untuk diketahui, proses pengecekan dan penggantian komponen ini diperkirakan memakan waktu sekitar 1 jam.

“Mengingat ada potensi ketidaksempurnaan, kami mengajak para pemilik Alphard tahun produksi tertentu, supaya datang ke bengkel resmi di seluruh Indonesia untuk memastikan apakah kendaraannya memperoleh panggilan recall,” ungkap Vice President Director PT TAM, Henry Tanoto, melalui keterangan resminya.


Ia pun menambahkan, "Selanjutnya, kami akan melakukan pemeriksaan dan penggantian Front Hood Moulding dan Alternator Pulley untuk memastikan kedua komponen ini sesuai spesifikasi teknis yang disyaratkan".

Sekadar informasi, seluruh proses pengecekan dan perbaikan dilakukan oleh teknisi bersertifikat Toyota global dan tidak dipungut biaya alias gratis. 

Guna melancarkan seluruh prosesnya, konsumen diharapkan melakukan booking service lebih dahulu agar proses berjalan lancar dan tanpa antrean panjang yang bisa dilakukan dengan menghubungi jaringan dealer resmi yang tersebar di seluruh Indonesia, website resmi, atau via Toyota Customer Care yang beroperasi 24 jam di nomor telepon 1-500-315 untuk pengecekan status mobil.

Baca juga: Begini Skema Perbaikan Untuk Recall Toyota Agya dan Raize

"Cara lainnya, pelanggan dapat berinteraksi dengan Toyota Interactive Virtual Assistant (TARRA) melalui Whatsapp di nomor 08111500315. Langkah ini merupakan bentuk tanggung jawab atas kualitas produk yang dipasarkan dan memberikan peace of mind kepada semua pelanggan,” pungkas Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Jap Ernando Demily.

Well.. Buat Sobat UC auction yang ingin mengetahui update terbaru seputar dunia lelang dan kabar otomotif, bisa mengunjungi website kami di www.UCauction.co.id atau hubungi Hallo UC di 0811 9009 404.

(DeF)