UCauction, Jakarta - Mitsubishi Motors Corporation (MMC) baru saja mengumumkan Mitsubishi Pajero generasi pertama diganjar predikat mobil bersejarah oleh Japan Automotive Hall of Fame (JAHFA) di Jepang, berkat kontribusinya yang cukup besar terhadap sejarah otomotif di Negeri Matahari Terbit tersebut.
Namun yang perlu digarisbawahi, terdapat perbedaan antara Pajero dan Pajero Sport. Adapun yang mendapatkan predikat mobil bersejarah di Jepang adalah 'The Real Pajero'.
Seperti diketahui, SUV ladder frame itu pertama kali rilis pada tahun 1982 silam. Sementara untuk Pajero Sport sendiri baru dikenalkan pada tahun 1996 dan juga dikenal sebagai Challenger.
Khusus untuk Pajero Sport, diposisikan di bawah The Real Pajero di sejumlah negara dan jadi model regional untuk sejumlah pasar otomotif dunia.
Baca juga: Mitsubishi Triton Educar Sambangi Kota Surabaya, Ini Rangkaian Kegiatannya
Kembali membahas mengenai Mitsubishi Pajero, gebrakan mobil ini cukup dikenang dalam merangsang pasar kendaraan rekreasional. Artinya, kendaraan itu tidak hanya diminati karena mampu menjadi sarana penunjang mobilitas harian, tapi juga untuk menunjang beragam kegiatan menyenangkan lainnya seperti berpetualang dan kegiatan hobi.
SUV ini juga dikenal sebagai mobil off-road 4WD yang lengkap. Di mana The Real Pajero mengemas off-road handling yang baik, namun tetap mudah untuk digunakan.
Maka tak heran, jika The Real Pajero menerima antusiasme dan dukungan dari konsumen dan membangun posisi solid sebagai salah satu pemimpin di segmen kendaraan rekreasional. Produk itu pun jadi mobil 4WD yang populer di Jepang kala itu.
Pabrikan mencatat bahwa produksinya menembus 3,25 juta lewat empat generasi. Hingga kemudian, Mitsubishi memutuskan untuk menghentikan memproduksi Pajero pada 2021 silam.
Mobil ini juga dipasok ke lebih dari 170 negara. Di Jepang, produk yang juga sempat hadir dalam model Pajero Mini kei-car pada tahun 1994 itu telah menjadi salah satu model seri ikonik dari Mitsubishi Motors. Tak sampai di situ, Pajero juga sempat hadir dalam model compact SUV Pajero Junior di 1995 dan compact SUV Pajero iO pada tahun 1998.
SUV tangguh tersebut juga cukup dikenal di arena motorsport, melalui keikutsertaannya di ajang Rally Dakar pada tahun 1983. Dalam rally raid terberat di dunia itu, Pajero berhasil mengklaim kemenangan umum pada 1985 yang menjadi kemenangan pertama untuk tim dengan kendaraan Jepang.
Baca juga: Mitsubishi Xforce Menyapa Publik di Kota Malang Lewat Pameran MMAS
Mitsubishi Pajero berkompetisi di reli sebanyak 26 kali hingga 2009 dan meraih total 12 kemenangan termasuk tujuh kemenangan berturut-turut. Tentunya keikutsertaan dalam ajang balap tersebut membuktikan ketangguhannya untuk melahap beragam kondisi.
Mengacu pada pengetahuan dan keahlian yang diraih melalui pengalaman di ajang balap tersebut, dijadikan pabrikan untuk meningkatkan daya tarik produk Pajero dan model produksi lainnya. Hal ini yang membuat teknologi all-wheel control, teknologi durabilitas dan teknologi keandalan tetap hidup sebagai teknologi inti yang menjadikan kendaraan Mitsubishi memiliki karakter yang khas.
Berangkat dari segala pencapaian di atas, membuat JAHFA menilai produk tersebut merupakan produk yang bersejarah dan memiliki banyak kontribusi dalam industri otomotif Jepang.
(DeF)