mitsubishi xrt concept

Mitsubishi XRT Concept, Cikal-Bakal Penerus Triton

calender23-03-2023
clock00:00

UCauction, Jakarta - Mitsubishi XRT Concept secara resmi dikenalkan di ajang Bangkok International Motor Show 2023. Pikap kabin ganda ini digadang-gadang sebagai generasi terbaru dari Triton yang saat ini sudah dijajakan secara global.

Menurut rencana, versi produksi dari Triton terbaru bakal dirilis pada tahun fiskal 2023 di Thailand. Kemungkinan besar prosesi peluncurannya bakal berlangsung di bulan Juli mendatang. Peluncuran produk ini, sekaligus jadi momentum peluncuran perdana compact SUV terbaru dari Mitsubishi.

Takao Kato selaku President and Chief Executive Officer of Mitsubishi Motors menjelaskan, “Fiscal 2023 menjadi tahun yang penting bagi Mitsubishi Motors untuk mempercepat bisnis kami di pasar ASEAN, melalui peluncuran Triton terbaru dan All New Compact SUV”.

Baca juga: Hyundai Rilis Kampanye #DiantarSangBintang, Mudik Berhadiah Sob!

“Triton terbaru sedang dalam tahap finalisasi untuk persiapan peluncurannya. Kami telah melakukan beragam pengetesan ketahanan di berbagai tempat, sekaligus menggunakan pengalaman kami dari balapan rally,” beber Kato.

Lalu seperti apa kira-kira detil mengenai Mitsubishi XRT Concept? Untuk lebih jelasnya Sobat UC auction bisa menyimak ulasan lengkapnya berikut ini:

Mitsubishi XRT Concept Jadi Generasi Terbaru Triton


Bicara lebih mendalam mengenai Mitsubishi XRT Concept, tentunya dikaitkan dengan Triton generasi terbaru. Yuph.. Jika dilihat memang pada generasi terbaru Triton ini alami ubahan yang signifikan. 

Triton generasi berikutnya bakal mengusung platform ladder-frame baru yang juga digunakan pada Nissan Navara. Meski demikian Mitsubishi memperbarui sasis tersebut, bahkan mengklaim merupakan sasis baru.

XRT Concept atau Triton generasi baru berpotensi bakal berbagi basis dengan Nissan Navara. Hal ini tertuang melalui garis jendela yang sangat mirip dan hilangnya garis “J” yang sebelumnya menjadi ciri khas memisahkan bagian kabin dan kargo.

Memang keunggulan dari penggunaan sasis baru terletak pada kapasitas ruang yang jadi makin besar. Diketahui jarak sumbu roda Navara sebesar 3.150 mm, sehingga 150 mm lebih panjang dari Triton saat ini. 

Dampaknya tentu mempengaruhi kabin Triton yang jadi makin lapang. Tak hanya itu saja, secara tampilan pun Triton baru terlihat makin gagah dan juga tangguh.


Gril yang digunakan pun kini persegi panjang besar. Fascia depan menggunakan DRL berbentuk huruf “J” mendatar dan lampu utama terpisah, mempunyai desain sama seperti Triton saat ini. Lampu belakang juga tampaknya telah diubah bentuknya.

Selain itu, overfender dirancang menonjol dan ban mud terrain sudah disematkan guna menghasilkan tampilan yang lebih berani. Berdasarkan informasi yang beredar saat ini, versi produksinya bakal serupa dengan versi konsep yang sudah dikenalkan saat ini.

Namun sejumlah aksen dan aksesori tambahan bakal dihilangkan, khusus untuk versi produksinya.

Spesifikasi Masih Dirahasiakan


Sangat disayangkan, meski sudah merilis versi konsepnya hingga kini pabrikan masih enggan membeberkan secara rinci mengenai spesifikasi mesin dari Mitsubishi XRT Concept. Pun begitu, informasi yang beredar, mobil ini akan mengandalkan mesin baru.

Mesin turbodiesel 4N15 sebelumnya kemungkinan akan diganti dengan 4N16, yang diperkenalkan pada Nissan Caravan tahun 2022. Kode mesin 4N16 memiliki kapasitas mesin yang sama dengan 4N15 dan juga dilengkapi dengan DOHC dan MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve timing Electronic Control).

Pada Caravan, mesin ini dipadukan dengan transmisi otomatis 7-percepatan buatan Jatco, bisa menjadi upgrade dari gearbox otomatis 6-percepatan sebelumnya. Diketahui sangat berpotensi besar transmisinya bakal di upgrade, mengingat spesifikasi mesin 4N16 punya performa yang lebih rendah.

Baca juga: Mercedes-Benz Actros dan Arocs Euro 5, Kini Lebih Ramah Lingkungan

Adapun mesin 2.400cc MIVEC turbo diesel itu mampu menyemburkan tenaga 132 PS dan torsi 370 Nm. Sementara untuk mesin 4N15 dengan kubikasi 2.400cc mampu menghasilkan tenaga sebesar 181 PS dengan torsi puncak 430 Nm.

Di atas kertas secara performa memang terlihat jelas kelebihan mesin 4N15. Boleh jadi Mitsubishi melakukan tuning khusus untuk Triton atau bahkan menggunakan mesin yang lama, namun menyematkan beragam penyempurnaan pada sektor jantung mekanisnya.

(DeF)