susah pindah gigi

Motor Susah Pindah Gigi? Mungkin Ini Masalah yang Terjadi

calender27-04-2023
clock00:00

UCauction, Jakarta - Sepeda motor dengan transmisi manual seperti bebek, cub, hingga motor sport pengoperasiannya tentu lebih sulit dibandingkan dengan skuter matik (skutik). Nah.. Jika kamu pengguna motor manual mengalami kesulitan saat perpindahan gigi, khususnya ingin ke posisi netral biasanya mengalami kendala.

Masalah susah pindah gigi itu bisa ditenggarai oleh beberapa sebab dan memang umum atau biasa terjadi. Cara penanganannya pun cenderung mudah, Sob!

Seperti diungkapkan Ary Nugroho mekanik bengkel Berkah Motor menjelaskan, susah pindah gigi pada motor manual itu lumrah terjadi. Apalagi saat ingin menetralkan gigi saat motor berhenti. 

Baca juga: Penting! Lakukan Pengecekan Mobil Setelah Digunakan Mudik

"Pada dasarnya, ada beberapa penyebab hal tersebut bisa terjadi, sehingga sulit melakukan perpindahan ke posisi netral," ujar Ary.

Lebih lanjut Ary juga menambahkan, "Masalahnya itu beragam, mulai dari penggunaan oli yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang dianjurkan, bisa juga karena kondisi oli sudah waktunya untuk ganti yang biasa jadi penyebabnya".

Masalah susah pindah gigi di motor manual


Tak hanya itu saja, kendala lain yang menyebabkan sepeda motor susah pindah gigi bisa disebabkan oleh kampas kopling yang mengalami masalah. Biasanya sudah aus atau masa penggunaan sudah melewati batas. 

Selain itu, komponen kopling lainnya seperti arm pendorong dan juga bagian dalam mesin berupa girboks dan lainnya juga bisa mempengaruhi motor kamu susah pindah gigi. 

Dan tak boleh luput dari perhatian, pemilik kendaraan juga sebaiknya mengecek kondisi rantai yang sudah kendur yang mungkin bisa jadi pemicunya. Kesulitan saat perpindahan gigi ke posisi netral, bisa juga ditenggarai oleh komponen tuas kopling.

Baca juga: IIMS Surabaya 2023 Siap Digelar Juni Mendatang


"Kalau tuas kopling terlalu renggang, dampaknya perpindahan gigi akan lambat dan bisa jadi pemicu susah untuk memindahkan gigi terutama ke posisi netral," beber Ary.

Ary pun menegaskan, bahwa pengguna motor manual sebaiknya menggunakan jarak main tuas kopling yang ideal yaitu jarak main bebas kopling 10-20 mm.

"Kalau setelannya jaraknya terlalu pendek, memang akan membuat kopling terasa lebih ringan, namun hasilnya akselerasi menjadi berkurang," katanya.

Jika kendala terjadi pada motor tipe cub yang mengadopsi kopling otomatis ganda, tak perlu memencet kopling ketika memindahkan gigi atau transmisi. Alasannya karena oli sudah tidak bagus atau proses penyetelan kopling yang kurang tepat.

Well.. Gimana sekarang sudah tahukan masalah susah pindah gigi pada motor manual? Semoga informasi ini dapat bermanfaat. 

(DeF)