UC auction, Jakarta - Sebuah fenomena menarik terungkap sepanjang tiga hari terakhir penyelenggaraan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2025. Khususnya jika membahas mengenai sosok konsumen Suzuki Baleno.
Hal ini tak lepas dari tingginya animo para pengunjung pameran, yang tertarik untuk memiliki hatchback berlogo 'S' itu. Menurut pengamatan tim UC auction, sosok konsumen Suzuki Baleno mayoritas merupakan konsumen muda.
Alasan memilih Suzuki Baleno pun cukup beragam, mulai dari sisi desain, ukuran yang kompak, serta menawarkan fitur-fitur yang terbilang modern dan lengkap.
Mobil ini dianggap mumpuni untuk memenuhi kebutuhan mobilitas muda-mudi di Indonesia. Baik untuk aktivitas olahraga, hingga menunjang bagian integral dari gaya hidup aktif dan produktif.
Baca juga: Peluncuran Suzuki e Vitara Kian Dekat ke Indonesia, Ini Bocorannya
Nah.. Penasaran dengan sosok konsumen Suzuki Baleno di IIMS 2025? Untuk lebih jelasnya, Sobat UC auction bisa simak penjelasannya berikut ini:
Mengenal sosok konsumen Suzuki Baleno, saat ini mayoritas memang konsumen usia muda hingga keluarga muda. Umumnya konsumen Baleno pun cenderung lebih menggali informasi seputar mobil impiannya dari dunia digital.
"Kebetulan hari kedua itu dapat SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) on the spot di IIMS. Dan konsumennya itu lebih open minded, karena sudah menggali informasi lebih dulu. Jadi ke sini itu ya memang tinggal beli," ujar Syarif seorang tenaga penjualan di booth Suzuki pada IIMS 2025 beberapa waktu lalu.
Lebih lanjut Syarif juga menerangkan, "Konsumen Suzuki Baleno, umumnya sebelum membeli mereka udah review dulu di Youtube atau TikTok. Informasi yang mereka dapat juga udah sangat jelas".
Syarif pun mengaku, kebanyakan konsumen itu tertarik karena melihat review-review di Youtube. "Kalau mereka sudah lihat review-nya, jadi lebih memudahkan kami (sales) untuk eksekusinya".
"Konsumen muda, dengan kisaran 20-an tahun. Biasanya suka dengan Baleno itu yang warna Biru yang memang jadi warna favorit. Datang langsung nego-nego sebentar, tanya hitungan, diskon juga, langsung tanda jadi," ungkap Syarif.
Fenomena ini, memang tak berbanding jauh jika mengacu pada data internal Suzuki. Profil pengguna Baleno didominasi oleh kalangan muda dengan rentang usia 26-40 tahun, yakni gen milenial, sebesar 41% kemudian diikuti oleh gen Z, sekitar 15%.
Baca juga: Suzuki eWX Concept Jadi Jawaban Pabrikan Menuju Era Elektrifikasi
Menyasar pada segmentasi konsumen yang tepat, ternyata mendorong penjualan hatchback ini terbilang positif sepanjang tahun 2024 lalu. Di mana penjualan ritel Suzuki Baleno terkerek hingga 49% pada rentang Januari-November 2024, jika dibandingkan tahun sebelumnya.
Alasan konsumen tertarik, tak lepas dari kapasitas bagasi hingga 355 liter yang memberikan ruang penyimpanan memadai bagi kebutuhan tersebut. Desainnya pun modern dan aerodinamis, yang mencerminankan mobil modern memberikan kesan enerjik sesuai dengan kepribadian aktif.
Well.. Buat Sobat UC auction yang ingin mengetahui update terbaru seputar dunia lelang dan kabar otomotif, bisa mengunjungi website kami di www.UCauction.co.id atau hubungi Hallo UC di 0811 9009 404.
(DeF)