UC auction, Jakarta - PT BYD Motor Indonesia berhasil menuai hasil positif dalam penjualan BYD di 2024 lalu. Di mana jenama asal Tiongkok itu berhasil memimpin pasar di segmen kendaraan listrik (EV) dengan pangsa pasar 36% dengan penjualan sebanyak 15.433 unit.
Meski tercatat sebagai pendatang baru, namun ternyata rangkaian mobil listrik BYD mampu diterima positif oleh masyarakat di Indonesia. Hal ini tak lepas dari teknologi dan juga layanan optimal yang mereka hadirkan untuk konsumen di pasar otomotif Tanah Air.
Eagle Zhao selaku Presiden Direktur PT BYD Motor Indonesia menerangkan, keberhasilan yang diraih BYD di Indonesia jadi bukti nyata tingginya kepercayaan konsumen terhadap kualitas unggul dan teknologi inovatif kendaraan listrik BYD.
“Pencapaian ini sekaligus menandai langkah awal yang gemilang di tahun pertama kehadiran BYD di Indonesia,” jelas Eagle ketika berbincang di Media New Year Gathering di bilangan Jakarta Pusat, Senin (20/1).
Ia pun menerangkan, pencapaian positif dalam penjualan BYD di 2024 lalu didapatkan, meski pasar otomotif secara keseluruhan terbilang lesu. Namun segmen kendaraan listrik murni menunjukkan pertumbuhan positif.
Baca juga: BEYOND, Komunitas BYD Buktikan Jakarta-Malang Bisa Pakai Mobil Listrik
“Melihat pencapaian kendaraan listrik murni di Indonesia, di mana pangsa pasar meningkat dari 1,7 persen pada 2023 menjadi 5 persen di 2024,” imbuh Eagle.
Pencapaian positif penjualan BYD, terlebih di segmen EV Indonesia, tambah Eagle, tak lepas dari dukungan kuat pemerintah Indonesia dan kontribusi dari berbagai pihak yang berperan dalam mendorong perkembangan industri dan ekosistem kendaraan listrik secara nasional.
“Ini berkat hasil kerja sama dan dukungan seluruh value chain yang terlibat untuk dapat menghadirkan inovasi, dalam waktu hanya tujuh bulan sejak memulai distribusi, kami berhasil meraih pangsa pasar 36 persen,” ungkapnya.
Berangkat dari pencapaian di tahun 2024 lalu, Eagle optimis BYD dapat terus berkontribusi untuk pasar otomotif Indonesia, khususnya dalam mendukung era elektrifikasi di Tanah Air.
“Kami akan terus berkomitmen untuk menghadirkan inovasi teknologi sehingga dapat memberikan solusi mobilitas yang berkelanjutan, sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia,” pungkas Eagle.
Penjualan BYD di tahun 2024 lalu yang meraih hasil positif, tak lepas dari tingginya minat konsumen terhadap line-up mobil listrik mereka yang dalam waktu singkat dapat diterima konsumen. Sejak memulai pengiriman unit ke konsumen pada Juni 2024, BYD berhasil mendominasi pasar EV di Indonesia dengan model-model andalannya.
Dari empat model yang saat ini dijajakan untuk pasar Indonesia, model terlaris dihuni oleh produk Multi Purpose Electric Vehicle (MPEV) andalan mereka yakni BYD M6 yang tercatat membukukan penjualan sebesar 6.125 unit.
Baca juga: BYD Bukukan 1.400 SPK di MUF GJAW 2024, M6 Mendominasi
Tak kalah laris, sedan listrik BYD Seal berhasil terjual sebanyak 4.829 unit, diikuti Atto 3 dengan penjualan sebanyak 3.292 unit, dan Dolphin yang terjual 1.187 unit.
Well.. Buat Sobat UC auction yang ingin mengetahui update terbaru seputar dunia lelang dan kabar otomotif, bisa mengunjungi website kami di www.UCauction.co.id atau hubungi Hallo UC di 0811 9009 404.
(DeF)