penjualan-daihatsu-2023

Penjualan Daihatsu 2023 Masih Jadi yang Terlaris ke-2 di Indonesia

calender23-01-2024
clock09:00

UCauction, Jakarta - Daihatsu Indonesia kembali berhasil menduduki posisi kedua dengan penjualan terbanyak di tahun 2023 lalu. Pencapaian itu diraih berkat penjualan ritel yang menembus angka 194.108 unit.

Torehan penjualan Daihatsu sepanjang tahun 2023 lalu mengalami pertumbuhan sebesar 2,9%. Bila dibandingkan periode yang sama tahun 2022 lalu, dengan pencapaian 188.660 unit.

Seperti diketahui, penjualan mobil secara nasional menembus angka 998 ribu unit di tahun 2023. Dari total penjualan itu, Daihatsu berkontribusi menyumbang market share 19,4% secara nasional, naik 0,8% bila dibandingkan periode yang sama di tahun 2022 lalu dengan total market share sebesar 18,6%.

Pencapaian yang diraih Daihatsu sepanjang tahun 2023 lalu menjadi catatan penting bagi pabrikan. Karena sukses mempertahankan posisi kedua selama kurun waktu 15 tahun berturut-turut sejak tahun 2009 silam.

Baca juga: Penjualan Ritel Daihatsu 2023 Tembus 194.108 unit, Sigra Terlaris!

 

“Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan pelanggan, sehingga Daihatsu dapat menutup tahun 2023 dengan capaian positif, sekaligus mempertahankan posisi nomor 2 penjualan otomotif nasional selama 15 tahun berturut-turut sejak 2009,” ujar Tri Mulyono, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Tbk. Daihatsu Sales Operation.

Tri menambahkan, "Semoga capaian ini dapat terus memotivasi kami untuk memberikan penawaran dan layanan terbaik kepada konsumen, serta pasar otomotif dapat lebih baik dibanding tahun sebelumnya".

Baca juga: Daihatsu Gelar Terios 7 Wonders, Ajang Eksplorasi Keindahan Indonesia

Penjualan Daihatsu tahun 2023 lalu tak lepas dari kontribusi tiga model andalan mereka, yakni Astra Daihatsu Sigra sebesar 63.285 unit dengan kontribusi sekitar 32,6% dari total penjualan. Disusul Gran Max PU (Pick Up) sebanyak 43.896 unit (22,6%); dan Terios dengan raihan 24.785 unit (12,8%).

Sejalan dengan pencapaian itu, penjualan bagi setiap model Daihatsu pun ternyata berhasil menguasai sejumlah segmen pasar otomotif nasional. Astra Daihatsu Sigra berkontribusi sebesar 58% di segmen pasar LCGC MPV, disusul Gran Max Pick PU sekitar 49% dari segmen Pick Up Low, dan Gran Max MB (Mini Bus) berkontribusi sebesar 85% dari segmen pasar Low Semi Commercial dengan total penjualan 12.444 unit.

(DeF)