UC auction, Jakarta - PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) mencatat pertumbuhan positif yang dirasakan dari sisi penjualan Isuzu dan juga market share yang mengalami peningkatan dalam kurun waktu 5 tahun terakhir di Tanah Air.
Seperti diketahui, pada tahun 2024 lalu segmen kendaraan niaga di pasar nasional tak 'semanis' tahun-tahun sebelumnya. Meski begitu, Isuzu mampu mempertahankan pertumbuhan market share mereka di pasar domestik.
Tuaian positif dalam penjualan Isuzu di 2024 lalu tak lepas dari tingginya minat konsumen terhadap tiga produk terlaris mereka, yakni Isuzu ELF, Isuzu GIGA, dan Isuzu Traga yang banyak diminati para pelaku bisnis di Indonesia.
"Tahun 2024 merupakan tahun yang begitu menantang bagi pasar otomotif nasional. Di tengah penurunan pasar, Isuzu berhasil bertahan dan menorehkan pencapaian yang begitu baik dengan menunjukan pertumbuhan bisnis yang sustainable dalam lima tahun ke belakang," ungkap President Director PT IAMI, Yusak Kristian Solaeman di sela-sela Media Gathering Isuzu, Rabu (22/1/2025).
Baca juga: Perayaan 50 Tahun Isuzu Berkontribusi Bagi Perekonomian dan Lingkungan
Yusak menerangkan, " Kepercayaan yang begitu besar dari konsumen kami di Indonesia menunjukan bagaimana kendaraan-kendaraan Isuzu memenuhi kebutuhan masyarakat dan melayaninya dengan baik, sehingga sekali lagi PT IAMI membuktikan sebagai Real Partner Real Journey selama 50 tahun eksis di Indonesia".
Sepanjang tahun 2024 lalu, penjualan ritel Isuzu tembus 27.984 unit, dengan market share sebesar 30,5%. Pencapaian itu menunjukkan tingginya minat konsumen terhadap produk dan layanan purna jual yang ditawarkan Isuzu untuk mendukung kebutuhan para pengusaha di Tanah Air.
Adapun produk terlaris yang mendorong penjualan Isuzu di 2024 lalu antara lain Isuzu ELF yang terjual 12.610 unit dengan pangsa pasar 26,6 persen di segmennya. Dilanjutkan Isuzu Traga yang berhasil terjual sebanyak 10.954 unit dengan dominasi pasar di segmen pikap medium sebesar 47,7%.
Tak kalah laris, ada Isuzu GIGA yang berhasil terjual 4.420 unit, di mana angka itu setara 20,5 persen pangsa heavy duty truck. Ketiga produk Isuzu di atas, menjadikan Isuzu sebagai pemain utama di kancah kendaraan komersial di Indonesia.
Pabrikan asal Jepang itu juga turut menunjukkan komitmennya melalui produk LCV (mu-X 4x4 & D-Max) untuk melengkapi kebutuhan pelanggan dalam armada bisnis komersial, dengan segmen utama adalah mining, plantation, oil & gas, rental company, dan government.
Baca juga: 50 Tahun Isuzu Mendukung Bisnis dan Transportasi di Indonesia
Sejalan dengan pencapaian positif dalam penjualan Isuzu di tahun 2024 lalu. Tentunya membawa optimisme lebih bagi bisnis pabrikan di tahun 2025 ini.
Di mana Isuzu Indonesia optimis mampu meraih market share sebesar 33,4 persen di tahun 2025. Meski saat ini pasar otomotif dibayang-bayangi oleh kebijakan pajak baru yang diberlakukan oleh pemerintah.
Rian Erlangga selaku Division Head of Business Strategy Division IAMI menerangkan, dalam menghadapi tantangan di 2025, pihaknya telah menyiapkan 3 pilar utama yang akan terus ditingkat.
"3 pilar akan kita terus tingkatkan, yaitu sales, service dan spare parts, yang harusnya berjalan selaras konsep Isuzu Indonesia 'Real Partner, Real Journey'," jelas Rian.
Dalam mendukung bisnis konsumen, Isuzu didukung 124 outlet yang menjadi representasi dalam memenuhi kebutuhan konsumen. Isuzu juga memiliki lebih dari 1.900 part shop dan 4 part depo yang akan memastikan suplai suku cadang.
Tersedia juga 159 unit Bengkel Isuzu Berjalan (BIB) yang siap memberi pelayanan perawatan ataupun perbaikan di tengah perjalanan. Ada pula 165 Bengkel Mitra Isuzu (BMI) yang tersebar di seluruh Indonesia, serta layanan Mechanic On Site yang terus berjalan untuk memastikan konsumen mendapatkan pelayanan berstandar Isuzu di area tertentu.
Well.. Buat Sobat UC auction yang ingin mengetahui update terbaru seputar dunia lelang dan kabar otomotif, bisa mengunjungi website kami di www.UCauction.co.id atau hubungi Hallo UC di 0811 9009 404.
(DeF)