penjualan suzuki di mei

Penjualan Suzuki di Mei 2024 Naik 22%, Mobil Hybrid Laris

calender28-06-2024
clock08:00

UCauction, Jakarta - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mencatat penjualan Suzuki di Mei 2024 mengalami pertumbuhan sebesar 22%. Torehan positif diraih di tengah dinamika pasar otomotif nasional yang semakin kompetitif.

Menurut data Gaikindo, penjualan ritel Suzuki di bulan Mei 2024 sebanyak 6.110 unit. Jumlah itu tumbuh 22 persen, sebesar 1.106 unit dari bulan sebelumnya yang hanya 5.004 unit. 

Pun alami pertumbuhan, jika dibandingkan bulan Maret 2024 justru menurun mengingat para bulan itu penjualan Suzuki berhasil menembus 6.550 unit. Dengan pencapaian yang diraih pada Mei 2024, secara total penjualan Suzuki sejak Januari hingga Mei sebanyak 29.927 unit dengan market share 8,3 persen dan jadi pabrikan terlaris kelima secara nasional.

Penjualan Suzuki di Mei tak lepas dari kontribusi produk-produk ramah lingkungan mereka, serta lini produk mobil penumpang yang kian diminati oleh masyarakat di Indonesia, mulai dari XL7 Hybrid, All New Ertiga, dan Baleno hatchback.

Secara lebih spesifik, penjualan seluruh model hybrid bahkan mampu mendominasi sebesar 43% dari total penjualan passenger Suzuki di periode yang sama. Selain kendaraan penumpang, kendaraan kategori komersil pun memberikan angka positif sebesar 52% dari penjualan Suzuki secara keseluruhan.

Randy R. Murdoko, Dept. Head of 4W Sales PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), persaingan pasar yang sehat dan kompetitif ini memacu Suzuki Indonesia untuk menyesuaikan strategi penjualan dengan kebutuhan pelanggan kami. 

Baca juga: Beli Mobil Suzuki di Jakarta Fair Kemayoran, Bisa Dapat Promo!

“Tentu kami bangga dengan torehan penjualan bulan Mei 2024 yang kian meningkat. Pasar otomotif kini semakin menarik. Dengan semakin maraknya pemain di industri ini, Suzuki Indonesia semakin tertantang untuk menyesuaikan strategi penjualan dan pelayanan kami sehingga dapat terus menjaga kepuasan maksimal pelanggan setia kami,” jelas Randy dalam keterangan resminya kepada UC auction, Jumat (28/6).

Detil Penjualan Suzuki di Mei 2024


Kalau ditilik lebih mendalam terkait penjualan Suzuki di Mei 2024, New XL7 memimpin penjualan mobil passenger dengan peningkatan sebesar 28% jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya, dengan komposisi yang didominasi oleh New XL7 Hybrid sebesar 61%. Sedangkan untuk kategori 3 row Medium SUV, XL7 mengalami peningkatan market share sebesar 6%.

Suzuki Ertiga masih mendominasi, dengan kontribusi terbesar di varian hybrid sebesar 70% dari total penjualan All New Ertiga. Dari catatan penjualan bulan Mei 2024, kendaraan hybrid terus menunjukkan eksistensinya dengan kontribusi sebesar 21% dari total keseluruhan penjualan kendaraan Suzuki Indonesia.

Baca juga: Optimalkan Kompartemen Penyimpanan Barang di Suzuki Ertiga Hybrid Cruise

Kontribusi terbesar ketiga dalam penjualan Suzuki di Mei 2024 diraih oleh Baleno yang mengalami peningkatan penjualan sebesar 57%, bila dibandingkan penjualan bulan sebelumnya. Baleno sekaligus memimpin market share hingga 65% di kategori sedan hatchback Indonesia pada Mei lalu.


Kendaraan kategori penumpang lain yang mampu menarik perhatian masyarakat adalah Grand Vitara, yang mengalami peningkatan ritel bulanan sebesar 80% dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Selain kategori mobil penumpang, mobil komersil pun turut menunjukkan prestasi cemerlangnya. Hal ini dibuktikan tidak hanya melalui komposisi penjualan mobil komersil yang mendominasi pada bulan Mei 2024, melainkan juga peningkatan penjualan New Carry hingga 26% jika dibandingkan bulan sebelumnya.

“Melalui catatan penjualan bulan Mei 2024, kami sangat berterima kasih atas kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap Suzuki yang terus memilih Suzuki sebagai brand otomotif untuk menunjang mobilitas,” imbuh Randy.

Ia pun menuturkan, "Kami juga sangat bangga dapat berkontribusi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi secara nasional. Besar harapan kami agar hal positif ini dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan. Untuk itu, Suzuki selalu berusaha untuk terus beradaptasi dan berinovasi baik untuk produk maupun layanan yang kami berikan".

(Deni)