penjualan suzuki xl7 juni 2023

Penjualan Suzuki XL7 Hybrid Tumbuh, Tipe Alpha Paling Favorit

calender25-07-2023
clock12:00

UCauction, Jakarta - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mencatat bahwa penjualan Suzuki XL7 yang kini bermesin hybrid berhasil mendorong penjualan Suzuki di Indonesia. Di mana low SUV itu berkontribusi sebesar 15% dari total penjualan ritel Suzuki di Juni 2023.

Pada posisi kedua dihuni oleh Suzuki Ertiga yang berkontribusi sebesar 10%. Kontribusi terbesar masih ditopan oleh kendaraan niaga Suzuki, yaitu Carry Pikap yang berkontribusi sebesar 55% dari total penjualan Suzuki.

Membahas lebih mendalam mengenai penjualan Suzuki XL7 baru, mobil yang rilis pada 15 Juni 2023 lalu itu kini dibekali teknologi Smart Hybrid Vehicke by Suzuki (SHVS) dan disematkan fitur-fitur modern. Hal ini yang mendasari produk itu cukup diminati banyak konsumen di Indonesia.

Baca juga: Mengenal Fitur E-Mirror Touchscreen di Suzuki XL7 Hybrid, Secanggih Apa?

Menariknya, kini XL7 dibekali dengan teknologi hybrid yang membuat mesinnya jadi lebih ramah lingkungan. Secara keseluruhan penjualan ritel XL7 mengalami pertumbuhan 36%, jika dibandingkan penjualan di bulan Mei 2023, serta mengalami peningkatan penjualan ritel sebesar 24% dibandingkan bulan Juni 2022.

Adapun model terlaris New XL7 Hybrid ditopang oleh tipe Alpha bertransmisi matik (AT) dengan pilihan warna New Savanna Ivory – Black dan White – Black. Diketahui bahwa tipe hybrid New XL7 (Alpha dan Beta) ini mendominasi sebesar 74% dari total penjualan New XL7 tipe terbaru.


Sementara untuk All New Ertiga, bila dibandingkan periode yang Januari hingga Juni 2022. Penjualan ritel Suzuki Ertiga pada Januari-Juni 2023 tumbuh 12%, dengan kontribusi terbesar tipe GX bertransmisi matik (AT), disusul tipe GL dan Hybrid Suzuki Sport.

“Kehadiran New XL7 Hybrid ini tentu menjadi pilihan tepat karena bukan hanya berdampak positif bagi lingkungan, tetapi juga mobil ini didesain untuk mampu menunjang kegiatan sehari-hari di perkotaan maupun digunakan untuk berpetualang bersama keluarga,” terang Randy R. Murdoko, Asst. to Dept. Head 4W Sales PT SIS.

Randy pun menambahkan, "Kami akan terus menjalankan edukasi keunggulan fitur-fitur yang dihadirkan SHVS, demi pemanfaatan maksimal fitur yang dimiliki kendaraan-kendaraan hybrid Suzuki".

Penyegaran Pengaruhi Penjualan Suzuki XL7


Berkat sentuhan penyegaran yang dilakukan SIS, berdampak pada pertumbuhan penjualan Suzuki XL7 di Indonesia. Pabrikan mengklaim sentuhan baru, khususnya pada mesin ramah lingkungan, efisien dan harga terjangkau jadi alasan banyak konsumen yang berminat pada XL7. 

“Bukan hanya memberikan pembaruan pada produk, tetapi kami juga hadirkan New XL7 Hybrid lebih dekat dengan cara berpartisipasi dalam kegiatan yang selaras dengan SUV 7 penumpang ini. Misalnya saja hadir di tempat yang sering dikunjungi saat libur sekolah tiba, kemudian hadir di tempat perbelanjaan yang memiliki tingkat pengunjung yang tinggi, dan tentunya hadir di tengah-tengah masyarakat yang sedang melakukan aktivitas bersama keluarga,” imbuh Randy.

Baca juga: Diganjar Garansi Baterai 8 Tahun, Suzuki Kasih Tips Merawatnya!

Ia pun menegaskan bahwa kesempatan menjajal langsung mobil pun diberikan pabrikan, agar calon konsumen dapat merasakan langsung fitur terbaru New XL7 Hybrid dan menentukan pilihan kepemilikannya. 

"Tidak ketinggalan pula, kami menghadirkan program penjualan menarik yang diberikan oleh dealer maupun saat pameran agar SUV berteknologi hybrid ini menarik minat calon konsumen segala kalangan," bebernya.


Untuk segmen kendaraan komersial, Suzuki Carry masih berkontribusi besar dengan total kontribusi 55% dari total penjualan Suzuki di bulan Juni 2023. Capaian positif yang diraih ini sekaligus membuktikan bahwa New Carry terus menjadi mobil praktis idaman bagi para wirausaha untuk mengangkut barang kebutuhannya atau proses jual beli untuk usahanya.

Selain New Carry, XL7, dan All New Ertiga, pada kategori model impor juga membawa kabar gembira. Tercatat pada bulan Juni 2023 untuk penjualan kategori mobil CBU berkontribusi sebesar 16% dari total penjualan ritel Suzuki. Hal ini tentu sangat baik karena Suzuki mampu mempertahankan penjualan bahkan mengalami peningkatan.

(DeF)