recall byd

Recall BYD Berdampak Pada 90 Ribuan Unit Dolphin dan Atto 3

calender01-10-2024
clock14:00

UC auction, Jakarta - Dua produk mobil listrik BYD harus terkena penarikan untuk perbaikan atau yang dikenal dengan recall. Total recall BYD mencapai hampir 100.000 unit di Negeri Tiongkok. 

Recall BYD itu berdampak bagi para pemilik Dolphin dan Atto 3. Menurut pernyataan yang dirilis oleh Administrasi Negara untuk Regulasi Pasar (SAMR) China, tercatat total 96.714 unit mobil BYD harus dilakukan perbaikan untuk model Dolphin dan Yuan Plus atau yang dikenal di Indonesia dengan nama Atto 3.

Terkait dengan recall BYD di Tiongkok, perusahaan berencana untuk menarik kembali total 87.762 unit Dolphin dan Yuan Plus yang diproduksi dalam kurun waktu 4 Februari 2023 hingga 26 Desember 2023.

Selanjutnya 8.952 unit model Atto 3 yang diproduksi pada 2 November 2022 hingga 19 Juni 2023. Terkait kendala yang ada, BYD Auto Industri Co Ltd memutuskan untuk melakukan penarikan untuk perbaikan, lantaran kedua model mobil listrik andalannya itu berpotensi terbakar.

"Penarikan kembali terjadi karena proses pembuatan pengontrol Column-Assist Electric Power Steering (CEPS), kapasitor pada papan sirkuit pengontrol di beberapa kendaraan yang termasuk dalam penarikan ini dapat menimbulkan retakan mikro," tulis pernyataan SAMR.

Baca juga: BYD Edukasi Komunitas Beyond Pentingnya Keselamatan Berkendara

Penyebab Recall BYD Dolphin dan Atto 3 di Tiongkok


Lebih mendalam membahas mengenai recall BYD di Tiongkok, penarikan untuk perbaikan pada Dolphin dan Atto 3 diindikasi terjadinya cacat dalam proses produksi di bagian kontrol kemudi daya listrik (CEPS). 

Menurut hasil penilitian, kendala itu ditimbulkan mengganggu kapasitor pada papan sirkuit pengontrol, yang berpotensi mengakibatkan retakan mikro pada kapasitor. Selanjutnya, retakan berpotensi untuk meluas selama penggunaan kendaraan yang bisa menimbulkan korsleting listrik akibat panas berlebih.

Dampak fatalnya tentu bisa mengakibatkan kendaraan terbakar. Oleh karena itu, pabrikan akhirnya memutuskan untuk melakukan perbaikan bagi para pemilik Dolphin dan Atto 3.

Nantinya para pemilik mobil yang terdampak akan dihubungi via WeChat dan juga telepon, jika memang kendaraan yang dimiliki terkena dampak recall BYD. Pabrikan pun sudah menyiapkan saluran telepon layanan pelanggan bagi konsumen yang terdampak masalah ini.

Baca juga: BYD Haka Balikpapan Dibekali Layanan Terlengkap, Catat Lokasinya!

Setiap konsumen rasanya tak perlu khawatir, karena seluruh proses perbaikan bisa dilakukan di dealer resmi BYD. Perbaikannya pun akan dilayani langsung oleh pihak dealer, untuk pemasangan bantalan insulasi pada kontroler secara gratis untuk menyelesaikan masalah yang terjadi di Dolphin dan Atto 3.

Sedikit mengulik ke belakang, sejatinya recall sangat jarang terjadi pada lini produk BYD. Penarikan kembali untuk masalah pada Dolphin dan Atto 3 jadi yang terbesar dalam sejarah pabrikan.

Mengulas mengenai kedua produk yang terkena recall BYD, Dolphin dan Atto 3 merupakan dua model yang terbilang laris di pasar otomotif di luar China. Kedua produk itu juga turut dijajakan di Indonesia, yang kini mulai banyak digunakan oleh masyarakat di Tanah Air.

Well.. Buat Sobat UC auction yang ingin mengetahui update terbaru seputar dunia lelang dan kabar otomotif, bisa mengunjungi website kami di www.UCauction.co.id atau hubungi Hallo UC di 0811 9009 404.

(DeF)