volkswagen id. buzz

Volkswagen ID. BUZZ Karya Ekraf Mejeng di GIIAS 2025

calender24-07-2025
clock09:00

UC auction, Tangerang - PT Garuda Mataram Motor selaku Agen Pemegang Merek (APM) Volkswagen di Indonesia resmi mengumumkan kolaborasi strategis dengan Kementerian Ekonomi Kreatif/Badan Ekonomi Kreatif (EKRAF) di ajang GIIAS 2025 yang berlangsung pada 23 Juli di ICE BSD City, Tangerang.

Kerja sama kedua belah pihak merupakan kelanjutan dari kampanye bertajuk “New Buzz in Life” yang melibatkan Volkswagen ID. Buzz sebagai simbol kendaraan masa depan yang tak hanya ramah lingkungan, tetapi juga kaya akan nilai artistik dan personalisasi.

Pada ajang GIIAS 2025, Volkswagen Indonesia menampilkan atraksi utama yang mencuri perhatian pengunjung, yakni aksi melukis langsung di bodi Volkswagen ID. BUZZ oleh dua seniman muda tanah air yaitu Beemala dan Tenka Street.

Kedua seniman itu merupakan bagian dari jaringan binaan Kemenparekraf yang diberi ruang untuk mengekspresikan karya mereka secara langsung sepanjang pameran GIIAS 2025. Proses kreatif ini akan mencapai puncaknya pada 1 Agustus 2025, saat hasil akhir karya seni di mobil listrik tersebut diperkenalkan ke publik.

Baca juga: Jogja Volkswagen Festival 2025 Jadi Momen Uji ID. BUZZ


Tak hanya menjadi tontonan artistik, kolaborasi ini membuka ruang bagi generasi muda. Volkswagen dan Kemenparekraf juga mengadakan kompetisi desain ID. BUZZ terbuka untuk umum, dengan pemenangnya akan diumumkan pada akhir tahun.

Saat berkunjung ke booth Volkswagen juga bisa menikmati area khusus bertajuk “EKRAF Corner”, menampilkan karya para seniman serta menjadi titik temu komunitas kreatif, pengunjung, dan pelaku industri.

Irene Umar selaku Wakil Menteri Ekonomi Kreatif menerangkan, kemitraan ini mencerminkan misi pemerintah dalam mengintegrasikan sektor kreatif ke berbagai industri, termasuk otomotif. “Kolaborasi Volkswagen dengan para kreator lokal seperti Beemala dan Tenka menjadi contoh konkret bagaimana sektor otomotif bisa berperan aktif dalam ekosistem ekonomi kreatif nasional,” jelasnya.

VW Indonesia juga turut menampilkan dimensi emosional lewat kolaborasi gaya hidup. Salah satu yang paling menarik adalah kehadiran Filosofi Kopi, rumah kopi lokal yang lekat dengan Volkswagen Kombi T2 legendaris dalam film Filosofi Kopi 2: Ben & Jody.

Di GIIAS, pengunjung bisa menikmati kopi langsung dari Kombi ikonik tersebut sekaligus membeli merchandise edisi terbatas hasil kolaborasi.

Baca juga: Volkswagen City Store Tawarkan Konsep Showroom Menarik


Volkswagen juga menggandeng Frank Green, merek gaya hidup asal Australia yang dikenal dengan komitmen terhadap keberlanjutan. Kolaborasi ini menghasilkan tumbler edisi khusus Volkswagen x Frank Green, sebagai ajakan hidup ramah lingkungan dalam gaya modern.

Untuk diketahui, sepanjang pameran GIIAS 2025 untuk konsumen yang tertarik dengan ID. Buzz bisa menikmati promo eksklusif seperti bunga 0% selama satu tahun, bonus wall dan portable charger, hingga gratis pengisian daya sampai 50.000 km di jaringan SPKLU nasional.

Berbagai aktivitas interaktif turut meramaikan booth, termasuk kompetisi media sosial seperti Instagram Reels Challenge dan Vintage Photo Competition yang mengundang partisipasi publik.

“Bagi kami, kolaborasi adalah cara membangun budaya. Di GIIAS tahun ini, kami tidak hanya menampilkan mobil, tapi menghadirkan pengalaman yang menyatukan teknologi, seni, dan cerita manusia,” ujar Ahmad Badawi selaku Head of Sales & Marketing Volkswagen Indonesia.

Well.. Buat Sobat UC auction yang ingin mengetahui update terbaru seputar dunia lelang dan kabar otomotif, bisa mengunjungi website kami di www.UCauction.co.id atau hubungi Hallo UC di 0811 9009 404.

(DeF)