produksi wuling

Wuling Rayakan Produksi 160.000 Kendaraan di Indonesia

calender29-11-2024
clock15:00

UC auction, Cikarang - PT SGMW Motor Indonesia (Wuling) pada Rabu (27/11/2024) lalu, merayakan pencapaian angka produksi 160.000 unit kendaraan dari pabrik Wuling Cikarang dan menandai debut ekspor Cloud EV ke pasar ASEAN.

Momentum produksi Wuling tersebut, jadi bentuk komitmen pabrikan dalam pengembangan di industri otomotif Tanah Air, khususnya di bidang kendaraan energi baru. Sejak memulai operasinya di Indonesia tujuh lalu, Wuling terus memperkuat posisinya sebagai brand terpercaya di pasar domestik dan pemain penting di segmen mobil listrik.

Seremoni perayaan produksi 160.000 unit Wuling tersebut dihadiri oleh para tokoh penting, seperti H.E Mr. Lan Tianli (Governor of Guangxi), Saribua Siahaan (Direktur Promosi untuk kawasan Asia Tenggara, Australia, New Zealand dan Pasifik Badan Koordinasi Penanaman Modal), Lv Juncheng (President Director of SAIC-GM-Wuling Automobile Co., Ltd.), Zhong Dezhi (Secretary-General of Guangxi  People’s Government).

Hadir pula Wei Ran (Director-General of Guangxi Foreign Affairs Office), Yang Chunting (Director-General of Guangxi Commerce Dept.), Wang Weibing (Director-General of Nanning Customs), Hou Gang (Mayor and Secretary of Party Group, Nanning Municipal People’s Government) serta jajaran manajemen Wuling Indonesia. 

Baca juga: Wuling Berikan Garansi Seumur Hidup Untuk Komponen Hybrid, Ada Syaratnya!


“Angka 160.000 ini mencerminkan upaya dan eksplorasi para mitra global SGMW dalam mengejar visi ‘Membangun untuk  masa depan dan memperluas sampai ke pasar internasional’. Hal ini juga menjadi bukti kuat kerjasama erat dan koordinasi  tinggi antara pemerintah Tiongkok dan Indonesia sebagai pelopor ekspansi perusahaan mobil Tiongkok ke luar negeri,” ujar Lv Juncheng.

Sejak beroperasinya pabrik Wuling di Indonesia pada Juli tahun 2017, Wuling telah memproduksi sembilan lini kendaraan. Mulai dari segmen kendaraan bermesin konvensional (ICE) yang terdiri dari Confero, Cortez, Almaz, Alvez. Kemudian untuk kendaraan hybrid yakni Almaz Hybrid.

Dilanjutkan kendaraan listrik (EV) yang terbagi menjadi Air ev, BinguoEV, Cloud EV dan tidak ketinggalan Low Commercial Vehicle (LCV) yaitu seri Formo dan Formo Max. Beragam lini produk ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan konsumen dengan mengedepankan perpaduan teknologi, kualitas tinggi, dan harga kompetitif.

Selain telah sukses produksi 160.000 kendaraan di Indonesia, Wuling Wuling turut memberikan kontribusi positif terhadap industri otomotif di Tanah Air berkat dukungan  manufaktur yang berkualitas tinggi, rantai pemasok yang terintegrasi, jaringan 150 dealer, perusahaan pembiayaan hingga melibatkan tenaga kerja dalam negeri.

Komitmen Wuling terhadap keberlanjutan juga terlihat dalam upaya membangun ekosistem kendaraan listrik yang holistik. Selain berinvestasi dalam produksi kendaraan listrik, Wuling turut mendukung pengembangan infrastruktur pendukung seperti stasiun pengisian daya, melibatkan pelaku industri lokal dalam rantai pasok, dan menyediakan pelatihan bagi tenaga kerja untuk mendorong pertumbuhan industri berbasis energi baru.

Baca juga: Wuling BinguoEV, Mobil Listrik Terlaris yang Mejeng di MUF GJAW 2024


“Melalui transformasi ‘Elektrifikasi dan digitalisasi’ di Indonesia, kami berharap dapat membangun rantai industri otomotif  baru di Indonesia, menjadikan Wuling Indonesia sebagai pusat industri kendaraan energi baru yang melayani pasar  Indonesia, ASEAN dan dunia, sekaligus memberikan dukungan industri yang kuat,” beber Lv Juncheng.

Ke depannya, Wuling menargetkan Indonesia sebagai pusat produksi kendaraan berkemudi kanan untuk kawasan ASEAN dan pasar internasional. Dengan strategi ini, Wuling berharap dapat memenuhi kebutuhan konsumen di negara-negara tetangga di kawasan ASEAN hingga negara-negara lain dengan sistem kemudi kanan.

Langkah ini tidak hanya memperkuat posisi Wuling di sektor otomotif Tanah Air, namun turut menjadikan Indonesia sebagai pusat ekspansi produk berbasis listrik.

“Saya juga berharap PT SGMW Motor Indonesia dapat terus fokus pada target ‘berakar di Indonesia, menjangkau Asia Tenggara’, dengan terus menghadirkan model-model kendaraan laris, memperluas lini produk, mendorong penyediaan lokal  untuk komponen penting seperti baterai dan motor penggerak, aktif berpartisipasi dalam penyusunan standar kendaraan  energi baru, serta membuka lebih banyak pasar kendaraan setir kanan,” pungkas Yang Chunting.

Well.. Buat Sobat UC auction yang ingin mengetahui update terbaru seputar dunia lelang dan kabar otomotif, bisa mengunjungi website kami di www.UCauction.co.id atau hubungi Hallo UC di 0811 9009 404.

(DeF)