mobil-listrik-byd

10.000 Unit Mobil Listrik BYD Bakal Dukung Operasional PLN

calender15-03-2024
clock18:00

UCauction, Jakarta - PT PLN (Persero) melalui subholding PLN Icon Plus menjalin kerja sama dengan BYD Motor Indonesia, dalam penyediaan 10.000 unit Electric Vehicle (EV) BYD yang nantinya digunakan untuk kendaraan operasional PLN.

Tentunya melalui kerjasama ini membawa angin segar, dan langkah baik dalam penetrasi pasar BYD di Indonesia. Mengingat pabrikan berkomitmen untuk memfasilitasi percepatan transisi menuju era elektrifikasi otomotif di Indonesia.

Tak sebatas melalui inovasi New Energy Vehicle, namun juga dengan dukungan ekosistem yang dapat mempermudah ketersediaan unit bagi banyak pihak. Salah satu langkah nyata dengan bermitra dengan PLN.

Implementasi pembelian mobil listrik BYD untuk menunjang mobilitas PLN, bakal dilakukan secara bertahap selama 5 tahun. Pada pelaksanaannya tentu tak lepas dari dukungan dealer-dealer BYD yang tersebar di seluruh Indonesia.

Kerja sama tandai dengan penandatanganan Head of Agreement yang dilakukan oleh Eagle Zhou selaku Presiden Direktur PT BYD Motor Indonesia bersama dengan Chipta Perdana selaku Director of Electricity Related Business di Jakarta, Jumat (15/3/2024).

Baca juga: BYD dan PLN Kerja Sama Sediakan Home Charging Untuk Masyarakat

"Kami di BYD sangat bersemangat dengan kolaborasi bersama PT Indonesia Comnet Plus melalui subholding PLN Icon Plus untuk menyediakan Electric Vehicle BYD dalam lima tahun ke depan," jelas Eagle Zhao, Presiden Direktur PT BYD Motor Indonesia. 

Lebih lanjut Eagle menerangkan, "Kolaborasi ini akan memungkinkan kami menggenapi visi kami untuk menghadirkan teknologi ramah lingkungan yang inovatif dan berkualitas tinggi kepada masyarakat Indonesia, serta memberikan kontribusi positif pada mobilitas berkelanjutan di negara ini dengan mitra dealer kami"

Seiring transformasi di tubuh PT PLN (Persero), PLN ICON Plus mengemban peran baru sebagai sub holding PLN yang menangani lini bisnis di luar kelistrikan (Beyond kWh). Transformasi PLN Icon Plus berfokus pada empat segmen, yaitu segmen PLN, segmen Retail, segmen Publik, dan segmen Electricity Related Business.

 

"Kemitraan antara PLN Icon Plus dan BYD dengan pihak dealer dalam penyediaan kendaraan listrik BYD di Indonesia adalah langkah penting dalam mendukung transformasi energi yang lebih bersih dan berkelanjutan di negara ini," ujar Ari Rahmat Indra Cahyadi, Direktur Utama PT Indonesia Comnet Plus.

Ari menambahkan, "Kami yakin bahwa dengan teknologi dan komitmen BYD dalam kendaraan listrik, kerjasama ini akan membawa manfaat besar bagi perkembangan infrastruktur dan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, serta mendukung program pemerintah Green Energy Transition di Indonesia, mewujudkan masa depan energi yang lebih berkelanjutan".

Baca juga: BYD Denza D9 Siap Jadi Rival Kuat Toyota Alphard Cs di Indonesia

Ketika disinggung terkait unit yang bakal digunakan untuk kendaraan operasional. Ari menyampaikan bahwa seluruh model yang telah dirilis di Indonesia seperti Atto 3, Dolphin, hingga Seal, bakal menjadi armada mereka untuk mendukung kinerja perusahaan.

“Untuk operasional kantor sampai di kantor cabang. PLN punya seribu kantor dan secara bertahap akan di refresh pakai mobil BYD. PLN juga memiliki 10 subholding dan ini bagian dari yang di profit untuk menggunakan mobil listrik,” tutup Ari.

(Deni)