carsome insight 2022

Catatan Positif CARSOME Insight 2022, Ini Detailnya

calender13-04-2023
clock00:00

UCauction, Jakarta - CARSOME, platform e-commerce mobil terintegrasi di Asia Tenggara berhasil meraih tren penjualan positif sepanjang 2022 lalu. Berdasarkan laporan CARSOME Insight 2022, tren positif yang dicapai meliputi merek, tipe, hingga warna kendaraan yang diperjualbelikan via platform CARSOME.

Berangkat dari tren penjualan positif yang diraih CARSOME tahun lalu, pada tahun ini CARSOME siapkan strategi jitu untuk lebih merangkul dan memudahkan konsumen, khususnya jelang Hari Raya Idul Fitri 2023.

Di tahun ini, CARSOME menyiapkan sejumlah program layanan yang meliputi Carsome Emergency Roadside Assistance dan program khusus Ramadan bertajuk “Ada Caranya #BikinRamadanMakinSpesial”.

Andrew Mawikere, CEO Carsome Indonesia menjelaskan, “Kebutuhan konsumen selalu berkembang secara dinamis, terlebih dengan semakin beragamnya kebutuhan mobilitas dan ketersediaan ragam pilihan yang menarik di pasar industri mobil bekas”.

Baca juga: Segini Tarif Tol Jakarta-Solo, Wajib Tahu Sebelum Mudik

"Dengan komitmen kami untuk selalu berusaha memberikan layanan terbaik dan terintegrasi bagi konsumen, kami memahami pentingnya mengenal kebutuhan mobil bekas konsumen secara mendasar hingga tren yang berkembang di antara konsumen," sambung Andrew.

Berangkat dari data CARSOME Insights 2022, tambah Andrew, yang terus dikembangkan setiap tahunnya. Perusahaan secara berkelanjutan terus menyediakan layanan yang paling sesuai dengan ekspektasi konsumen.

"Inisiatif ini kami lakukan untuk berkontribusi membangun industri otomotif tanah air, khususnya industri mobil bekas," beber Andrew.

Laporan CARSOME Insight 2022


Lebih jauh membahas mengenai CARSOME Insight 2022, market terbesar CARSOME Indonesia saat ini berada di Jakarta, Bandung, Surabaya, Palembang, Medan, dan Makassar. Dengan rentang usia produktif 25-44 tahun, yang berasal dari berbagai latar belakang ekonomi dan berprofesi sebagai karyawan swasta, wiraswasta, hingga pedagang.

Umumnya konsumen membeli mobil bekas sebagai alat transportasi pribadi atau keluarga. Meskipun beberapa konsumen juga menggunakan mobil bekas untuk keperluan bisnis, seperti transportasi barang atau jasa angkutan.

Baca juga: Cara Beli Mobil di Lelang, Aman Dalam Satu Genggaman

Adapun produk terlaris CARSOME di tahun lalu diraih oleh Honda Brio. Sedangkan untuk jenis MPV, Mitsubishi Xpander jadi mobil paling dicari konsumen, dengan pangsa pasar sebesar 6,5% menggantikan Toyota Avanza yang terlaris di 2021.

Mengacu pada CARSOME Insights 2022, menunjukkan bahwa minat konsumen pada mobil bekas dalam kisaran usia 3-4 tahun dengan harga relatif terjangkau sangat diminati ketimbang mobil baru dengan mobil yang tergolong update.

Program untuk Menggaet Konsumen


Mengacu kepada data CARSOME Insight 2022, penjualan CARSOME alami pertumbuhan hingga lima kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya. Lokasi dan jangkauan pasar yang sangat luas jadi salah satu pendorong naiknya penjualan CARSOME. 

Langkah ini dilakukan sebagai bentuk strategi CARSOME untuk berada lebih dekat dengan konsumen dan secara konsisten memperkenalkan ekosistem end-to-end Carsome.

Jelang Lebaran 2023, CARSOME ingin lebih menjangkau konsumen melalui Ramadan Mall Exhibition di Gandaria City (5-9 April 2023) dan Central Park Mall (12-16 April 2023).

Carsome juga meluncurkan program bertajuk “Ada Caranya #BikinRamadanMakinSpesial” untuk menawarkan potongan harga pembelian mobil hingga puluhan juta, serta tambahan potongan harga hingga Rp 7,5 juta jika melakukan tukar-tambah mobil lama dengan Carsome Certified Car.

Konsumen setia CARSOME juga bisa memanfaatkan layanan Carsome Emergency Roadside Assistance yang mendukung perjalanan mudik Lebaran 2023. Layanan ini merupakan layanan tambahan 24 jam yang disediakan secara gratis untuk membantu konsumen yang mengalami keadaan darurat selama berkendara. 

Baca juga: Jelang Idul Fitri, Segini Biaya Sewa Mobil Saat Lebaran

Konsumen dapat menghubungi kontak layanan 24 jam untuk mendapatkan layanan gratis untuk jasa derek, jasa penghantaran bensin, layanan jumper aki, serta penggantian ban.

“Memasuki tahun keenam kehadiran Carsome di Indonesia, kami berharap layanan jual beli mobil bekas kami akan terus berinovasi untuk memberikan pengalaman

membeli mobil bekas yang seamless dan terintegrasi untuk konsumen di seluruh Indonesia,” pungkas Andrew.

Sekadar informasi, seluruh mobil yang dijual di CARSOME telah tersertifikasi Carsome Certified Car dengan dengan kriteria:

  • Telah melewati inspeksi menyeluruh di 175 titik oleh inspektor terlatih Carsome, sehingga menjamin kendaraan bebas kerusakan akibat banjir dan kecelakaan besar telah melalui proses pembaruan di Carsome Certified Lab untuk memastikan keamanan, kenyamanan dan estetika kendaraan.
  • Memiliki harga pasti tanpa biaya tersembunyi;
  • Dilengkapi garansi 1 tahun (termasuk layanan bantuan darurat) untuk mesin, transmisi, dan AC;
  • Dilengkapi jaminan 5 hari uang kembali.

(DeF)