bengkel-siaga-suzuki-2024

Ini Bukti Antusiasme Konsumen Manfaatkan Bengkel Siaga Suzuki

calender06-05-2024
clock10:00

UCauction, Jakarta - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mencatat permintaan service kendaraan selama periode layanan Bengkel Siaga Suzuki 2024 mengalami peningkatan. Selama 10 hari (5/4 - 14/4) layanan itu digunakan oleh 6.080 pelanggan atau meningkat 56% dibandingkan periode yang sama di tahun 2023. 

Lokasi yang strategis dan kelengkapan pelayanan yang ditawarkan diyakini menjadi faktor pendukung tingginya minat masyarakat untuk melakukan pemeriksaan dan perbaikan.

“Kehadiran Bengkel Siaga Suzuki di 66 titik sepanjang Sumatera-Jawa-Bali kami tujukan agar pelanggan bisa mudik dengan nyaman dan tenang karena tahu Bengkel Siaga Suzuki siap siaga dan berada di lokasi strategis yang dapat dengan mudah ditemui selama perjalanan mudik, bahkan saat melalui rute alternatif sekalipun,” ungkap Hariadi selaku Assistant to Service Dept. Head PT SIS.

Hariadi menambahkan, "Peningkatan permintaan layanan service tahun ini juga membuktikan pemilihan titik yang sudah tepat, penyediaan fasilitas lengkap dan nyaman, serta mekanik yang handal dan tersertifikasi sehingga pemudik mempercayakan kendaraannya pada Bengkel Siaga selama perjalanan".

Pada tahun 2024 ini, Suzuki menghadirkan layanan Bengkel Siaga sebanyak 56 outlet untuk mobil dan 10 outlet untuk sepeda motor yang tersebar di Sumatera-Jawa-Bali.

Baca juga: Penjualan Suzuki di Kuartal Pertama 2024 Positif, Model Hybrid Berkontribusi

Mengacu pada data pabrikan, konsumen yang memanfaatkan layanan servis mobil di Bengkel Siaga Suzuki menembus angka 5.634 konsumen. Dengan permintaan terbanyak berupa layanan periodical maintenance sebesar 80% yang termasuk di dalamnya pengecekan dan perbaikan ringan kendaraan seperti ganti oli, coolant, filter AC, rem, dan lainnya.

Sementara untuk layanan service sepeda motor dimanfaatkan oleh 446 pelanggan. 70 persen pengendara motor hanya membutuhkan bantuan service ringan.


Seiring dengan rekayasa lalu lintas berupa sistem ganjil-genap, one way dan edukasi perjalan oleh pemerintah, ditemukan persamaan pola kehadiran pelanggan ke Bengkel Resmi dengan peta persebaran pemudik di tahun 2024 yang terdistribusi dengan baik. 

Suzuki mencatat bahwa tingginya permintaan service yang merata di tanggal 5–8 April. Terdapat catatan bahwa outlet yang berada di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Barat merupakan lokasi layanan Bengkel Siaga yang paling dimanfaatkan oleh pelanggan setia Suzuki. 

Hal ini didukung oleh lokasi outlet yang strategis dan behaviour pelanggan yang melakukan pengecekan kendaraan kembali setelah sampai di lokasi mudik.

Baca juga: Kontribusi Suzuki Carry Mendukung Angkutan Umum di Indonesia

Data Suzuki pun menunjakkan bahwa program Bengkel Siaga tahun ini dimanfaatkan oleh berbagai generasi dan tahun produksi mobil Suzuki. Di mana sebagian besar dari pemiliknya memanfaatkan kesempatan ini, karena merasa program Bengkel Siaga menguntungkan. 


Setidaknya terdapat 42% dari peserta Bengkel Siaga Suzuki merupakan pemilik mobil berusia di atas 3 tahun. Hal tersebut turut diyakini sebagai salah satu bukti kesetiaan dan kepercayaan pelanggan terhadap layanan dan kualitas Bengkel Resmi Suzuki, meski kendaraan sudah melewati masa garansi yang diberikan. 

“Tentu Suzuki selalu berkomitmen untuk terus menjaga mutu dari produk serta pelayanan yang kami berikan. Kepercayaan yang tinggi dari pelanggan terhadap layanan yang kami berikan pada Bengkel Siaga 2024 ini menjadi sebuah motivasi bagi Suzuki untuk bisa selalu memberikan yang terbaik kepada seluruh pelanggan setia,” tuntas Hariadi.

(Deni)