UC auction, Jakarta - Asap putih dari knalpot mobil yang kerap muncul pada kendaraan bermesin bensin. Kerap membuat pemilik kendaraan jadi bertanya-tanya, apakah membahayakan atau tidak?
Mengingat biasanya, asap yang keluar dari knalpot mobil khususnya ketika digunakan ataupun dipanaskan mengindikasikan kondisi terkini pada kendaraan. Apalagi berdasarkan penilaian sejumlah mekanik, asap putih yang keluar dari knalpot bisa diindikasikan sebagai pertanda baik, dan juga buruk.
Jika mengutip dari laman resmi Daihatsu Indonesia, tertulis bahwa asap yang muncul dari knalpot. Bisa mengindikasikan kondisi kendaraan dalam kondisi normal, dan juga mulai mengalami kendala.
Untuk lebih jelasnya, Sobat UC auction bisa simak ulasan singkatnya berikut ini:
Mobil bermesin bensin, biasanya mengeluarkan asap putih tipis ketika kendaraan dinyalakan di pagi hari. Jika kondisi ini terjadi pada mobil Sobat UC auction, bisa dipastikan kendaraan dalam keadaan normal dalam beberapa situasi.
Asap yang muncul itu, biasanya disebabkan oleh proses kondensasi di dalam knalpot. Kondensi di pagi hari atau ketika suhu dingin, uap air yang ada di udara akan berkondensasi di dalam knalpot yang dingin.
Baca juga: Mobil Hilang Tenaga dan Muncul Gejala 'Ngelitik'? Ini Solusinya
Ketika mesin dinyalakan maka suhu knalpot naik dan uap air tersebut akan menguap. Uap air tersebut yang menyebabkan asap putih tipis keluar.
Hal ini sejatinya lumrah terjadi, karena asap putih tipis akan hilang setelah mesin panas atau setelah mesin mobil mencapai suhu kerja normal. Oleh karena itu, pemilik kendaraan tidak perlu khawatir, karena hanya sisa embun yang menguap.
Asap putih yang keluar dari knalpot mobil, tak selamanya normal saja. Karena jika asap keluar secara terus menerus, meski mesin sudah mencapai suhu ideal. Apalagi tingkat ketebalan asap bertambah seiring naiknya rpm mesin, biasanya mengindikasikan terjadinya masalah.
Umumnya hal ini menandai terjadinya 'penyakit' pada mesin, seperti kebocoran oli atau coolant masuk ke dalam ruang bakar. Indikasi kerusakan yang mungkin terjadi, seperti kerusakan sill klep, gasket kepala silinder, atau retakan pada blok mesin yang mungkin bisa menjadi sumber masalah.
Baca juga: Tips Memilih Oli Untuk Kendaraan Modern Ala Deltalube
Ketika oli ataupun air coolant larut dan ikut terbakar bersama gas bakar, biasanya ditandai dengan munculnya asap putih hasil dari proses pembakaran. Apabila asap putih disertai dengan bau aneh, mesin ngelitik, atau air radiator cepat berkurang. Sebaiknya segera lakukan pengecekan ke bengkel terdekat, supaya bisa segera ditangani.
Well.. Buat Sobat UC auction yang ingin mengetahui update terbaru seputar dunia lelang dan kabar otomotif, bisa mengunjungi website kami di www.UCauction.co.id atau hubungi Hallo UC di 0811 9009 404.
(DeF)