UC auction, Bandung - Konsumsi BBM Chery Tiggo 8 CSH sangatlah efisien, dan terbilang jadi salah satu yang teririt di kelasnya. Proses pengujian tim UC auction, selama dua hari dengan rute Jakarta-Bandung-Jakarta dilakukan di sejumlah medan jalan.
Seperti diketahui, rute Jakarta menuju Bandung dan sebaliknya menawarkan medan yang sangat beragam, mulai dari jalanan menanjak, lalu lintas yang bervariasi seperti kemacetan perkotaan yang menuntut kendaraan stop-n-go hingga kecepatan yang tentu tidak selalu konstan.
Perjalanan kami untuk menguji Tiggo 8 CSH dimulai dari kawasan Pantai Indak Kapuk (PIK) 2, Jakarta Utara menuju kawasan Setiabudi, Bandung. Perjalanan yang ditempuh kurang lebih sekitar 172 kilometer.
Rute yang kami pilih pun melalui Tol Dalam Kota, menuju Tol Cipularang yang menawarkan jalan yang cukup beragam dan tentu menantang. Cara berkendara yang kami pilih pun layaknya berkendara pada umumnya, dengan tujuan menghasilkan data konsumsi BBM Chery Tiggo 8 CSH yang akurat.
Mode berkendara yang dipilih menggunakan mode HEV, yang ternyata sangat nyaman dan tanpa mengorbankan performa yang ternyata diluar ekspektasi.
Baca juga: Baterai Chery Tiggo 8 CSH Lulus Uji Rendam Air Laut Selama 53 Jam
Keistimewaan yang tim UC auction dapatkan saat menguji Tiggo 8 CSH, konsumsi BBM Chery Tiggo 8 CSH sangat efisien. Sepanjang perjalanan, rata-rata kecepatan mobil yang kami gunakan antara 80 kpj hingga 100 kpj, dengan kondisi mobil terisi 4-penumpang dewasa.
Dalam event media test drive Chery Tiggo 8 CSH, PT Chery Sales Indonesia (CSI) mengemas aktivitas sangat menarik yang memungkinkan para peserta penguji untuk bisa mengoptimalkan kinerja mesin SUV ramah lingkungan itu.
Chery menggelar aktivitas kompetisi efisiensi bahan bakar dan energi dengan kombinasi dua parameter utama, yakni waktu tercepat dan konsumsi bahan bakar paling efisien. Tujuannya supaya setiap peserta dapat mengoptimalkan kinerja mesin kendaraan, tanpa mengorbankan waktu perjalanan namun tetap efisien.
Dari hasil pengujian tim UC auction, konsumsi BBM Chery Tiggo 8 CSH dari PIK 2 menuju KM 72 tol Cipularang menembus 43,5 km/liter. Angka itu sangat menakjubkan, mengingat kondisi jalan saat pengujian terbilang padat di sejumlah lokasi jalan yang kami lalui.
Angka konsumsi BBM Chery Tiggo 8 CSH yang kami bukukan tak bisa membendung tim penguji lain. Karena ternyata mampu membukukan angka yang terbilang fantastis, yakni 59,13 km/liter.
Tentu angka itu terbilang istimewa, jika mengacu pada bobot kendaraan yang mencapai 2 ton serta dimensi yang besar untuk sebuah SUV 7-penumpang.
Di atas kertas, Tiggo 8 CSH dibekali mesin ACTECO H4J15 berkapasitas 1.500 cc turbo. Mesin itu dikembangkan khusus untuk platform Chery Super Hybrid generasi kelima.
Mesin 1.500 cc turbo hybrid Tiggo 8 CSH menghasilkan tenaga 143 PS dan torsi hingga 215 Nm. Berpadu dengan tambahan motor listrik bertenaga 204 PS dan torsi 310 Nm.
Baca juga: Hasil Uji Tabrak Chery Tiggo Lawas, Penggunaan 10 Tahun!
Berkat tenaga dan torsi yang mumpuni, sukses menghasilkan konsumsi BBM Chery Tiggo 8 CSH jadi begitu efisien. Tanpa mengurangi cita rasa berkendara yang menyenangkan.
Efisiensi penggunaan bahan bakar turut didukungan baterai Lithium Iron Phosphate (Li-Po) berkapasitas 18,3 kWh yang telah mengantongi sertifikasi IP68 Waterproof, tahan suhu ekstrem -35°C hingga 60°C, dengan jarak tempuh mode EV sejauh 90 Km.
Sebagai gambaran saat pengujian konsumsi BBM Chery Tiggo 8 CSH, cara mengemudi kami terbilang normal selayaknya berkendara di jalan tol. Tentu sedikit agresif, dengan kecepatan sesuai anjuran jalur bebas hambatan.
Seluruh unit yang digunakan saat proses test drive pun dalam kondisi standar pabrik, tanpa pengaturan khusus. Pencapaian kami sekaligus membuktikan sistem Chery Super Hybrid dapat bekerja optimal di segala kondisi jalan.
Sistem regenerative braking berkontribusi besar dalam menghasilkan efisiensi optimal. Proses deselerasi memungkinkan energi dikembalikan ke baterai—meningkatkan efisiensi tanpa harus menginjak pedal gas lebih dalam. Ketika melalui tanjakan, motor listrik turut mendorong performa, berpadu dengan mesin bensin.
Ketika mesin digeber di jalan tol, torsi instan dari motor listrik terasa responsif yang berdampak kepada manuver dan overtake begitu nyaman. Kalau mau mengoptimalkan efisiensi penggunaan bahan bakar dan juga energi listrik, pengemudi bisa menggunaka mode ECO, tanpa mengorbankan performa dan kenyamanan berkendara.
Well.. Buat Sobat UC auction yang ingin mengetahui update terbaru seputar dunia lelang dan kabar otomotif, bisa mengunjungi website kami di www.UCauction.co.id atau hubungi Hallo UC di 0811 9009 404.
(DeF)