mudik pakai motor

Mudik Pakai Motor? Perhatian Ekstra Untuk 4 Komponen Ini

calender17-04-2023
clock00:00

UCauction, Jakarta - Mau mudik pakai motor? Sobat UC auction sebaiknya jangan main asal ngegas ya. Karena wajib untuk mempersiapkan kendaraan dengan kondisi prima, supaya perjalanan menuju kampung halaman aman dan nyaman.

Beragam persiapan perlu dilakukan, mulai dari menjaga kondisi fisik hingga memastikan sepeda motor dalam kondisi 'sehat'. Untuk persiapan motor, setidaknya ada beberapa komponen yang harus diperhatikan.

Ingin tahu kira-kira apa saja yang perlu dicek sebelum mudik pakai motor? Yuk.. Simak ulasan lengkapnya berikut ini:

1. Mesin Prima Jadi Syarat Utama Mudik Pakai Motor


Komponen utama yang perlu diperhatikan, sebelum mudik pakai motor ke kampung halaman. Kamu perlu memastikan kondisi mesin dalam kondisi prima.

Lakukan pengecekan secara menyeluruh, seperti filter udara. Jika dirasa kotor dan usianya lebih dari 10.000 km sebaiknya lakukan penggantian.

Sobat UC auction juga harus memastikan busi dalam kondisi baik, karena mempengaruhi ruang bakar mesin. Usia pakai busi biasanya sekira 8.000-15.000 kilometer.

Baca juga: Mau Mudik? Manfaatkan Layanan Posko Siaga Fastron dan Lesehan Enduro

Bila penggunaannya sudah melebihi, biasanya berdampak kepada pembakaran yang jadi tidak maksimal. Alhasil performa mesin menurun dan konsumsi BBM cenderung lebih boros.

Tak hanya pengapian, oli pun perlu diperhatikan. Ada baiknya kamu lakukan pelumas sebelum berangkat atau memulai perjalanan, jangan sampai kamu lupa atau telat mengganti oli sebelum melakukan perjalanan mudik.

2. CVT atau Gir dan Rantai


Membahas lebih mendalam mengenai persiapan mudik pakai motor selanjutnya. Alangkah baiknya kamu memastikan CVT (untuk motor matik) ataupun gir dan rantai dalam kondisi prima. Khusus untuk CVT, sebaiknya kamu lakukan pengecekan ekstra.

Pengecekan mulai dari area CVT sebagai transmisi dan penerus tenaga mesin ke roda belakang. Mengingat komponen ini sangat penting untuk diperiksa dan wajib dalam kondisi yang baik.

Perhatikan usia pakai V-belt yang biasanya memiliki usia pakai antara 20.000-25.000 kilometer. Secara fisik, kamu bisa cek apakah ada keretakan di celah geriginya, selanjutnya periksa lebar V-belt sudah seberapa tipis menggunakan alat ukur.

Baca juga: 5 Komponen Mobil yang Wajib Dicek Sebelum Mudik Lebaran 2023

Jika dirasa masih oke, kamu juga cek area pulley depan, yang meliputi pengecekan pulley, jalur rumah roller, hingga roller itu sendiri. Lihat secara baik-baik, apakah roller peyang? Lalu rumah roller tidak tergerus, dan kondisi dinding pulley tidak ada perubahan derajat.

Untuk pengecekan bagian belakang, kamu bisa cek kondisi ketebalan kampas kopling. Jangan kampas kopling kondisinya telah tipis, dan tak lupa kamu wajib periksa mangkok kampas kopling, oli gearbox, dan juga grease pada as pulley.


Sedangkan untuk sepeda motor tipe manual, Sobat UC auction harus pastikan kondisi gir depan, gir belakang, dan juga rantai sebagai penerus tenaga ke roda belakang kondisinya sudah lemah atau termakan usia.

Cara mudahnya, lihat saja kondisi gir, sudah terlalu lancip atau belum. Kemudian bisa dengan memutar roda, bila rantai terlihat kendur dan kencang berarti gir sudah mulai terkikis dengan tidak rata.

Apabila rantai kondisinya kering, tentu perlu dilumasi. Namun jika sudah terlalu banyak celah hingga oblak, sebaiknya kamu lakukan penggantian.

3. Ban


Ban jadi komponen yang wajib dalam kondisi terbaik, terlebih saat ingin mudik pakai motor. Peranan ban sangat vital untuk keamanan dan juga kenyamanan kamu pulang kampung. 

Cek kondisi ban, seperti ketebalannya yang jadi indikator utama. Pastikan ban masih memiliki ketebalan yang cukup, agar ban memiliki daya cengkeraman baik terutama di kondisi hujan.

Tak lupa, cek juga tahun produksi ban yang kamu gunakan. Bila sudah berusia di atas 5 tahun, sebaiknya segera lakukan pergantian. Mengingat ban yang telah berusia, biasanya mulai keras sehingga daya cengkeramannya rendah dan terasa licin saat digunakan.

Bisa juga memeriksa tahun produksi ban tersebut. Jika sudah di atas 5 tahun ada baiknya melakukan pergantian, ini karena umumnya kondisi karet pada ban di umur tersebut sudah mulai keras sehingga cengkeraman rendah dan terasa licin.

4. Rem


Rem jadi komponen utama yang penting untuk jadi perhatian Sobat UC auction yang ingin mudik pakai motor. Peran rem sangat vita bagi keselamatan pengendaranya.

Pengecekannya bisa dimulai dengan melihat volume minyak rem, lalu melihat ada kebocoran pada slang rem atau tidak. Cek juga ketebalan kampas rem, pastikan kampas rem tebal untuk menghindari rem blong. Rem tipe cakram bisa melihat ketebalan kampas rem dengan cara diintip.

Baca juga: Penyebab dan Cara Mencegah Mabuk Perjalanan, Mudah Kok!

Untuk diketahui, setiap sepeda motor biasanya memiliki tipe kaliper yang dibekali dengan plat indikator kampas rem yang bergesekan dengan cakram ketika kampas tipis. Dampaknya biasa menimbulkan suara gesekan sebagai tanda waktunya untuk penggantian kampas rem.

Khusus untuk rem tipe tromol, akan lebih mudah karena dibekali dengan panah sebagai indikator ketebalan kampas rem pada dinding tromol. Bila setelah jarak main rem makin dalam, menandakan kalau kampas rem semakin tipis.

Well.. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Sobat UC auction yang ingin melakukan perjalanan mudik pakai motor ke kampung halaman. Utamakan keselamatan berkendara, agar silaturahmi kamu berjalanan lancar.

(DeF)