UCauction, Jakarta - 10 tahun Neta Overseas menapaki pasar otomotif dunia, melalui rangkaian kendaraan listrik (EV) dengan beragam teknologi modern. Dengan mengusung prinsip 'Tech For All', Neta sukses mengukir sejarah dan meraih pencapaian besar di sejumlah negara dunia tujuan bisnis mereka.
Sejak awal kemunculannya di tahun 2014 lalu, hingga memasuki usia 10 tahun Neta saat ini. Jenama asal Tiongkok itu sukses menjangkau pasar internasional ke berbagai negara, serta mengukuhkan diri sebagai brand start-up EV No. 1 di China pada tahun 2022 lalu, dengan angka penjualan 150 ribu unit di pasar Tiongkok.
Mengulas mengenai perjalanan 10 tahun Neta, dimulai pada tahun 2014 lalu. Awalnya pabrikan itu dikenal dengan nama Hozon, lalu kemudian berkembang menjadi Neta yang didirikan di China.
Awal kemunculannya, Neta fokus untuk mengembangkan dan membangun Pusat Riset & Pengembangan di Yangtze Delta, China pada tahun 2015 yang kemudian berhasil mendapatkan lisensi kualifikasi & produksi kendaraan pada tahun 2018. Di tahun yang sama, Neta memproduksi dan meluncurkan produk pertama mereka yaitu N01.
Seiring dengan pertumbuhan pasar yang didapatkan pabrikan, Neta terus berinovasi dan melahirkan dua model sekaligus untuk segmen SUV, melalui Neta U dan Neta V di tahun 2020 lalu. Di tahun yang sama, Neta pun memulai ekspansi secara global dan berhasil masuk ke pasar otomotif di Asia Tenggara, Timur Tengah, Amerika Latin, hingga Afrika.
Baca juga: Siap Mulai Perakitan Lokal, Neta Siapkan Baterai Dalam Negeri
Torehan yang diraih Neta tak sampai di situ saja, berlanjut hingga dipercaya sebagai perusahaan start-up EV pertama yang merancang model setir kanan untuk memenuhi permintaan pasar Asia Tenggara. Dari sinilah, Neta akhinya semakin memperluas pasar mereka bahkan secara global.
Di tahun 2022 lalu, ekspansi global Neta berlanjut dengan menggarap pasar otomotif Thailand. Di sana Neta mendirikan pabrik pertama mereka untuk kebutuhan ekspor ASEAN.
Neta mengukir prestasi membanggakan di Thailand, dalam kurun waktu 10 bulan penjualannya menembus 10.565 unit. Neta sukses menduduki peringkat ke-2 sebagai Best Selling EV di tahun 2023 lalu.
Di Negeri Gajah Putih tersebut Neta juga mendapatkan sejumlah penghargaan bergengsi termasuk Best Hatchback EV oleh Thailand’s Annual Award dan Platinum Award oleh MUSE Design Awards 2023.
Dalam kurun waktu 10 tahun Neta berkiprah di pasar otomotif dunia, prestasi yang didapat tidak hanya itu saja yang meliputi angka penjualan ekspor pada industri mobil listrik. Namun Neta pun memimpin sebagai eksportir teratas di antara perusahaan mobil start-up China di tahun 2023, dengan pengiriman global sebesar 15.913 unit dan memiliki lebih dari 100 saluran penjualan di berbagai negara.
Melalui ekspansi yang dilakukan tersebut membawa Neta meraih total penjualan kumulatif hingga 380 ribu unit di pasar domestik maupun global sepanjang perjalanan 10 tahun Neta.
Perjuangan 10 tahun Neta secara global, nampaknya tak sampai di sini saja. Pabrikan memiliki strategi untuk pasar internasional yang berfokus pada penetrasi secara lokal di setiap negara tujuan ekspansi mereka. Contohnya saja di Thailand, yang ditunjuk sebagai pusat manufaktur khususnya untuk model setir kanan sesuai dengan permintaan pasar ASEAN.
Lalu berlanjut di tahun 2023 Neta mulai melebarkan sayap dengan mendebut di Indonesia melalui pameran GIIAS 2023. Komitmen Neta untuk pasar Indonesia tidak hanya membawa mobil listrik berteknologi canggih saja.
Ke depannya Neta menjalin kemitraan dengan PT Handal Indonesia Motor untuk merakit mobil secara lokal alias CKD (Completely Knocked Down) untuk pasar Indonesia.
Baca juga: Program Neta Siap Lebaran Kawal Konsumen Mudik ke Kampung Halaman
Pada tahun ini, Neta juga memperluas bisnis mereka untuk pasar Asia Tenggara melalui penandatanganan kerja sama untuk membangun pabrik lokal mereka di Malaysia yang dijadwalkan bakal memulai produksi di tahun 2025 mendatang.
Selain pabrik, Neta juga berencana untuk berkolaborasi dengan mitra lokal dalam pengadaan bahan baku, layanan purna jual, fasilitas pengisian daya, dan lain-lain, untuk berkontribusi pada setiap negara tujuannya.
Perjalanan 10 tahun Neta ini tidak hanya menggambarkan perjuangan bisnis saja, tetapi juga komitmen Neta yang begitu kuat terhadap inovasi, keberlanjutan, dan kontribusi pada lingkungan global lebih baik. Ke depannya Neta terus berupaya untuk melahirkan kendaraan ramah lingkungan berteknologi canggih untuk semua kalangan.
(Deni)